Menteri Perhubungan Resmi Menutup Operasi SAR Korban dan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

Jawa Barat —Kamis, 21 Jan 2021 20:42
    Bagikan:  
Menteri Perhubungan Resmi Menutup Operasi SAR Korban dan Pesawat Sriwijaya Air SJ-182
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, resmi menutup operasi SAR korban dan pesawat Sriwijaya Air SJ-182. (Ist.)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, resmi menutup operasi pencarian dan penyelamatan (SAR) korban dan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang sudah berlangsung sejak jatuhnya pesawat itu di Kepulauan Seribu, Sabtu (09/01/2021). Namun, meski operasi SAR pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dihentikan, pihaknya tetap berkomitmen untuk terus melakukan pencarian terhadap bagian dari black box berupa Cockpit Voice Recorder (CVR) sesuai harapan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, setelah Basarnas menghentikan operasi pencarian maka selanjutnya penanganan yang terkait dengan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 diambil alih oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

BACA JUGA:  DPR RI Menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri

"Tentu apa yang dilakukan diantaranya upaya menemukan CVR di mana Presiden juga mengharapkan itu ketemu, sehingga analisa yang dilakukan oleh KNKT akan paripurna. Kami berkomitmen tetap melakukan upaya-upaya dan mengalih lead daripada ini ke KNKT yang sudah mendapat kesepakatan dari KSAL, TNI, dan Polri untuk melakukan operasi lanjutan dengan yang ada di Pulau Lancang," ujarnya.

Adapun di hari ke-13 pencarian dan evakuasi pesawat Sriwijaya Air SJ-182, pada Kamis (21/01/2021) hingga pukul 17.00 WIB, tim SAR gabungan yang melibatkan kekuatan 4.300 personel, 62 kapal laut, dan 15 pesawat telah berhasil menemukan 324 kantong jenazah yang berisi bagian tubuh korban, serpihan kecil pesawat sebanyak 68 kantong, 55 serpihan besar pesawat, kemudian bagian dari black box berupa Data Flight Recorder (FDR) dan casing dari CVR.

BACA JUGA:  Walikota Bandung Mendukung Kebijakan Kemendagri yang Akan Memperpanjang PPKM Jawa - Bali

Kemudian, hingga pukul 17.00 WIB, tim Disaster Victim Identification (DVI) di RS Polri, telah berhasil mengidentifikasi sebanyak 43 korban dan 32 korban sudah diserahkan kepada pihak keluarga. (Yono/win)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait