Pasukan TNI Terlibat Kontak Tembak dengan Teroris KKB Papua di Intan Jaya

Jawa Barat —Jumat, 22 Jan 2021 12:50
    Bagikan:  
Pasukan TNI Terlibat Kontak Tembak dengan Teroris KKB Papua di Intan Jaya
Ilustrasi pasukan TNI. (foto:idpinterest)


POSKOTAJABAR, INTAN JAYA.

Kontak tembak terjadi antara Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI dengan Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (22/1/2021).

Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa selaku Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III, mengatakan baku tembak tersebut telah berlangsung sejak pukul 06.30 WIT.

"Benar terjadi kontak tembak antara KKSB dengan Satgas Pamtas di Kampung Titigi, Distrik Sugapa,Intan Jayamulai pukul 06.30 Wita. Sampai saat ini masih terjadi kontak tembak," kata Suriastawa dalam keterangannya pada Jumat (22/1/2021).

 

BACA JUGA : PPKM di Perpanjang, Berlaku 26 Januari-8 Februari

 

Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa belum menjelaskan secara detail perihal kronologi kontak tembak tersebut. Sebab, hingga saat ini kontak tembak masih berlangsung.

"Untuk lebih detailnya akan saya infokan setelah kondisi di lapangan aman terkendali,"katanya.

Teroris KKB sebelumnya juga melakukan aksi brutal pembakaran pesawat MAF PK-MAX di Kabupaten Intan jaya. Tepatnya, di di Bandara Kampung Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Rabu (6/1/2021) lalu.

 

BACA JUGA : Mayat Perempuan yang Ditemukan di Areal Persawahan Diduga Korban Pembunuhan

 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pesawat tersebut diawaki oleh seorang pilot yang merupakan warga negara Amerika Serikat bernama Alex Luferchek.

Dia membawa 2 penumpang dengan tujuan Pagamba melalui Bandara Perintis milik MAF di Distrik Biandoga.

Pesawat itu sebenarnya telah mendarat di bandara. Namun, setelahnya pilot dihadang oleh Teroris KKB di sekitar lokasi.

"Pilot di suruh turun dari Pesawat kemudian datang seseorang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk," kata Kamal melalui keterangan resmi, Kamis (7/1/2021).

 

BACA JUGA : Pengendara di Ciamis Dikagetkan dengan Suara Tembakan Senjata Api

 

Pilot tersebut kemudian berhasil diamankan oleh para pendeta dan masyarakat sekitar ke Kampung Tekai yang merupakan wilayah perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba.

Meski pilot berhasil diamankan, tapi Teroris KKB langsung melakukan aksi pembakaran terhadap pesawat naas tersebut. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait