8 Makanan yang Baik untuk Paru-Paru dan Pernapasan yang Sehat

Kesehatan —Jumat, 22 Jan 2021 14:07
    Bagikan:  
8 Makanan yang Baik untuk Paru-Paru dan Pernapasan yang Sehat
Bernafas. foto Unplash

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Tahukah Anda bahwa menurut WHO, gangguan pernapasan merenggut sekitar 3 juta nyawa per tahun? Udara beracun dan gaya hidup yang buruk memengaruhi paru-paru Anda. Dan ini menyebabkan kesulitan bernapas dan berbagai penyakit pernapasan. Jadi, Anda harus waspada dan menjaga paru-paru dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengikuti pola hidup sehat. Melakukan ini akan mengurangi biaya obat-obatan dan pembedahan. Baca terus untuk mengetahui tentang 15 makanan terbaik untuk paru-paru sehat, makanan yang harus dihindari, dan perubahan gaya hidup yang diperlukan.

BACA JUGA : Mayat Perempuan yang Ditemukan di Areal Persawahan Diduga Korban Pembunuhan

1. Bawang Putih

Allicin adalah fitonutrien utama yang ada dalam bawang putih yang bertanggung jawab atas berbagai manfaat kesehatannya. Ini memiliki sifat antimikroba, antikanker, dan penurun tekanan darah. Ilmuwan Cina menemukan bahwa konsumsi bawang putih memiliki efek positif pada pasien dengan gangguan paru-paru dan kanker paru-paru.

lots of garlics

foto Unplash

2. Bayam

Bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya seperti kangkung, lobak, bayam roket, dan lobak kaya akan vitamin dan mineral. Ilmuwan telah menemukan bahwa bayam mengandung fitokimia yang membantu mencegah kerusakan oksidatif, mengurangi peradangan, dan melawan kanker.

Mengkonsumsi setidaknya secangkir bayam setiap hari akan membantu meningkatkan kekebalan Anda dan menjaga kesehatan paru-paru Anda.


3. Apel

Apel kaya akan sumber antioksidan dan fitokimia (seperti katekin, asam klorogenat, dan phloridzin) yang membantu mengurangi risiko asma, kanker, peradangan, dan penyakit kardiovaskular.

Konsumsi apel setiap hari untuk sarapan atau sebagai camilan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.


4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon hasil tangkapan liar, mackerel, ikan mas, dan haddock kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Ini dikenal sebagai PUFA atau asam lemak tak jenuh ganda karena mengandung lebih dari satu ikatan rangkap dalam struktur kimianya. PUFA memiliki sifat anti-inflamasi, antikanker, antioksidan, dan pelindung jantung.

Mengkonsumsi ikan berlemak atau mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui dosis yang tepat dari suplemen minyak ikan untuk Anda.

BACA JUGA : DPR RI Menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Menjadi Kapolri


5. Jahe

Jahe adalah salah satu pengobatan rumah tepercaya untuk mengobati pilek dan sakit tenggorokan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa itu mengandung senyawa bioaktif, gingerol. Dan senyawa inilah yang bertanggung jawab atas rasa jahe yang menyengat. Gingerol juga membantu mencegah asma, pilek, migrain, dan hipertensi.

Cara terbaik untuk mengonsumsi jahe adalah dengan menghancurkan satu inci jahe dan menambahkannya ke air detoks pagi atau jus sarapan Anda.


6. Berries

Buah beri, seperti stroberi, rasberi, cranberry, blackberry, dan blueberry, mengandung asam fenolat, flavonoid, tanin, asam askorbat, dan fitokimia bermanfaat lainnya. Ini membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, melindungi jantung, dan melawan berbagai jenis kanker.

Konsumsilah buah beri dalam smoothie, tambahkan ke dalam mangkuk sarapan, atau jadikan sebagai camilan.


7. Brokoli

Brokoli adalah raja dari semua makanan yang menyembuhkan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa brokoli adalah sumber sulforaphane (SFN) yang baik, yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan antimikroba. SFN juga telah ditemukan untuk mencegah kanker paru-paru, perut, dan payudara.

Konsumsi setengah cangkir brokoli rebus atau panggang setiap dua hari sekali untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

broccoli vegetable

foto Unplash



8. Kunyit

Kunyit, bumbu emas, telah digunakan sejak lama untuk membantu meringankan berbagai masalah kesehatan. Kurkumin, bahan aktif utama, bertanggung jawab atas semua kebaikan yang ditawarkan kunyit. Ini adalah antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Sifat ini membuat kunyit ideal untuk menangkal gangguan inflamasi, kanker, dan obesitas.

Konsumsilah satu inci akar kunyit di pagi hari atau tambahkan bubuk kunyit yang dapat dimakan ke smoothie, jus, saus salad, dan kari Anda.

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait