Selain Menyenangkan, Berikut Manfaat Bermain Futsal Bagi Kesehatan

Olah Raga —Jumat, 22 Jan 2021 15:47
    Bagikan:  
Selain Menyenangkan, Berikut Manfaat Bermain Futsal Bagi Kesehatan
(foto:wallpaperflare.com)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Olahraga futsal menjelma menjadi salah satu olahraga paling digemari semua orang. Mulai anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menjadikan olahraga ini sebagai olahraga pilihan.

Futsal tak hanya baik bagi pria, tetapi juga bermanfaat untuk wanita. Bahkan futsal menjadi salah satu olahraga yang banyak diminati kaum hawa.

Hampir sama dengan bermain sepak bola, futsal juga bertujuan untuk mencetak gol lebih banyak supaya menjadi pemenang.

Namun bedanya, olahraga ini dilakukan di lapangan yang relatif lebih kecil, serta dimainkan dua tim dengan masing-masing menurunkan lima pemain, satu kiper, dua bek, dan dua penyerang.

 

 

BACA JUGA : Personel BPBD Tandu Pasien Covid-19 yang Meninggal Melewati Petak Sawah

 

Olahraga Intensitas Tinggi

Dikutip dari Journal of Exercise Science and Fitness, futsal bisa membuat para pemainnya menjadi kelelahan karena olahraga ini memiliki intensitas tinggi lantaran bergerak cukup lincah.

Futsal memiliki sederet manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Sebut saja Sergio Lozano. Winger dari Barcelona futsal itu memiliki tubuh sehat dan bugar berkat menekuni olahraga ini dan disertai latihan rutin dan pola hidup sehat tentunya.

Di sisi lain, futsal bisa menjadi pengembangan bakat bagi mereka yang ingin menjadi pesepak bola andal. Bahkan beberapa pemain top Brasil juga awalnya memulai karier sebagai pemain futsal di masa kecilnya, seperti Ronaldinho, Pele, dan Zico.

 

BACA JUGA : Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Hingga Lava Pijar, Levelnya Masih Waspada

 

 

Adapun manfaat futsal bagi kesehatan, berikut POSKOTAJABAR rangkum manfaat bermain futsal bagi kesehatan tubuh dan mental, dikutip dari berbagai sumber.

 

  1. Membakar Lemak dan Meninggikan Tubuh

Olahraga futsal bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sama seperti sepak bola, futsal yang mempunyai intensitas tinggi juga dapat mencegah obesitas alias kegemukan.

Apabila disertai dengan latihan rutin, futsal bisa membakar kalori dan lemak di tubuh dengan efektif. Setelah keringat diperas, lemak juga akan terbakar menjadi simpanan energi untuk memperkuat otot. Mereka yang hobi bermain futsal cenderung memiliki tubuh dengan otot yang kuat di segala sisi, termasuk betis dan perut.

Tidak hanya mampu membakar lemak, futsal juga bisa membantu untuk meningkatkan tinggi badan. Saat tulang aktif bergeran saat bermain futsal, maka tulang dapat meningkatkan aktivitas yang akan membantu meninggikan tubuh.

 

  1. Membangun Karakter Tanggung Jawab

Futsal bukanlah olahraga yang menekankan keahlian individu, tetapi juga kerja sama tim secara tim. Bermain futsal dapat melatih karakter setiap pemain untuk lebih bertanggung jawab, misalnya saat bola direbut lawan.

 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Para pemain futsal dituntut untuk bergerak gesit ke depan dan ke belakang lapangan saat pertandingan lantaran olahraga ini hanya dimainkan lima orang. Mereka berjalan, jogging, berlari, hingga melompat dengan penuh selama 20-40 menit.

Berbagai aktivitas tersebut akan membantu para pemain futsal mengendalikan detak jantung, dan melatih kardiovaskular.

 

  1. Membentuk Kekuatan Otot

Sama seperti bermain sepak bola futsal juga mampu membangun kekuatan otot-otot kaki, paha, perut, maupun dada. Tetapi Anda perlu berlatih secara rutin, tidak hanya sekali atau dua kali. Membentuk dan melatih kekuatan otot tidak bisa dilakukan secara instan.

 

  1. Menghilangkan Stres dan Melatih Otak

Futsal dipercaya dapat menurunkan tingkat depresi atau stres seseorang. Biasanya mereka yang lelah beraktivitas baik kerja, kuliah ataupun sekolah, terkadang melampiaskannya dengan bermain futsal sebegai pelepas penat dan tertawa lepas.

Tak hanya itu, futsal dapat melatih kreativitas dan kecepatan berfikir otak untuk meningkatkan konsentrasi. Kemudian dapat meningkatkan fokus otak. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait