Dua Paslon tidak Hadir pada Penetapan Pemenang Pilkada Cianjur

Nasional —Jumat, 22 Jan 2021 16:54
    Bagikan:  
Dua  Paslon tidak Hadir pada Penetapan Pemenang Pilkada Cianjur
Dua kursi yang disediakan KPU Cianjur untuk pasangan calon (Paslon) tampak kosong. Hanya kursi paslon no urut 1 dan 3 yang terlihat terisi.(foto:nuki)

POSKOTAJABAR, CIANJUR.  

Dua Pasangan Calon (Paslon) tidak menghadiri rapat pleno terbuka penetapan pemenang Pilkada Cianjur yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Kamis (21/01/2021). Acara tersebut hanya dihadiri 2 paslon yaitu paslon no urut 1 (Toha-Ade) dan paslon no urut 3 (Herman-Tb Mulyana). 

Meski tidak dihadiri 2 paslon lainnya yaitu paslon no urut 2 (Oting-Wawan) dan paslon no urut 4 (Lepi-Gilar), KPU Cianjur tetap melaksanakan rapat pleno tersebut, dan menetapkan paslon no urut 3 sebagai pemenang Pilkada Cianjur. 

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, mengaku pihaknya sudah mengundang empat paslon peserta Pilkada Cianjur untuk menghadiri rapat pleno.

"Cuma paslon no urut 1 dan 3  yang hadir. Saya tidak tahu alasan ketidakhadiran pasangan yang lain," ujar Selly seusai kegiatan rapat pleno.





Terkait prosesi penetapan, Selly menjelaskan sesuai dengan surat dari KPU RI yang menerima Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK), tidak ada gugatan dalam waktu Perselisihan Hasil Pemilu (PHP).

“Tidak adanya gugatan konstitusi dalam masa PHP dan keluarnya BRPK dari MK ditindaklanjuti surat dari KPU RI, kami menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dengan nomor urut 3 Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin sebagai pemenangnya,” ujar Selly.

Penetapan ini sempat tertunda dari awal rencana pada 20 Januari 2021, akibat belum adanya surat dari KPU RI karena belum menerima BRPK dari MK.

“Pada Rabu (20/01/2021) malam kami menerima surat dari KPU RI, lalu kami putuskan menggelar rapat pleno penetapan hari ini sesuai dengan tahapan,” katanya.





Sementara itu Bupati terpilih Herman Suherman mengucapkan terima kasih pada semua partai koalisi, relawan dan khususnya masyarakat Cianjur atas keberhasilannya meraih suara terbanyak hingga ditetapkan KPU.

"Saya mengucapkan terimakasih pada semua pihak, baik penyelenggara pemilu KPU dan Bawaslu sejak awal hingga akhir,” kata Herman.

Selain kemenangan, Herman mengucapkan syukur dan bangga dengan pelaksanaan pesta demokrasi di Cianjur berjalan lancar dan sukses, tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan ketat karena terselenggara di masa pandemi Covid-19. (Nuki)






Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait