8 Manfaat Buah Alpukat yang Belum Banyak Orang Tau, Nomor 6 Perlu Anda Coba

Kesehatan —Sabtu, 23 Jan 2021 12:57
    Bagikan:  
8 Manfaat Buah Alpukat yang Belum Banyak Orang Tau, Nomor 6 Perlu Anda Coba
alpukat. foto Hallo Sehat

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Alpukat itu unik. Meskipun sebagian besar buah mengandung karbohidrat tinggi, buah ini tinggi lemak sehat. Inilah sebabnya mengapa memamerkan alpukat di atas roti panggang atau smoothie seseorang telah menjadi hal yang trendi (hampir). Tapi ada lebih banyak hal tentang alpukat daripada yang diketahui kebanyakan dari kita. Kami akan membahas semua itu di artikel ini.

BACA JUGA : Seorang Petani di Pangandaran Bacok Mantan Istri Gegara Menolak Diajak Rujuk

Alpukat secara ilmiah disebut Persea americana . Itu berasal dari Meksiko Selatan dan Kolumbia sekitar 7.000 tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu, penjajah Inggris menjuluki alpukat sebagai alligator pears (karena ciri khas kulitnya yang hijau bersisik dan bentuk pir).

1. Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alpukat dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol HDL serum (kolesterol baik), yang dapat berdampak positif pada kesehatan jantung. Lebih banyak uji coba jangka panjang diperlukan untuk memvalidasi hal ini.

Laporan lain menunjukkan bahwa menjadikan alpukat sebagai bagian dari makanan rutin Anda dapat menurunkan kadar LDL dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular ( 3 ). Lemak tak jenuh tunggal dalam buah ini bisa menjadi penyebabnya.


2. Mencegah Kanker

Alpukat mengandung alpukat B, lipid spesifik, yang ditemukan dapat melawan sel induk leukemia yang dapat menyebabkan jenis kanker yang langka dan mematikan.

Dalam penelitian lain, ekstrak alpukat telah menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Ini telah dikaitkan dengan lemak tak jenuh tunggal dalam buah, yang bersama dengan fitokimia lainnya, dapat berkontribusi untuk mengurangi risiko kanker.

Fitokimia dalam alpukat juga ditemukan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi apoptosis (kematian sel) pada jalur sel prakanker dan kanker.


3. Membantu Penurunan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa berat badan, lingkar pinggang, dan BMI secara signifikan lebih rendah pada individu yang mengonsumsi alpukat secara teratur. Ini bisa berarti penurunan risiko sindrom metabolik juga, berkat adanya asam lemak tak jenuh tunggal dan, yang lebih penting, serat makanan.

Ekstrak alpukat juga menunjukkan aktivitas hipolipidemik, yang menurut penelitian dapat mengurangi risiko obesitas. Alpukat juga kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal, yang memiliki efek positif pada pemeliharaan berat badan, sensasi nafsu makan, dan metabolisme energi.



4. Baik untuk Mata

Lutein dan zeaxanthin serta karotenoid lainnya sangat penting untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Senyawa ini ditemukan untuk mencegah degenerasi makula terkait usia, katarak, dan bentuk penyakit mata lainnya.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa penambahan alpukat ke dalam makanan seseorang dapat meningkatkan penyerapan karotenoid tersebut. Ini pada akhirnya membantu meningkatkan kesehatan mata.


5. Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif

Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat meningkatkan fungsi kognitif. Efek meningkatkan kognisi buah juga dapat dikaitkan dengan vitamin E. Nutrisi antioksidan ini ditemukan untuk mengurangi kerusakan kognitif pada orang tua.

Studi juga menunjukkan bahwa vitamin E dapat menawarkan perlindungan antioksidan terbesar terhadap penyakit Alzheimer. Alpukat, sebagai sumber nutrisi yang baik, dapat memainkan peran penting di sini.


6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Alpukat mentah mengandung boron, mineral yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan bermanfaat bagi tulang .

Alpukat juga kaya vitamin K yang memiliki peran penting dalam kesehatan tulang. Nutrisi meningkatkan pembentukan tulang dan juga menawarkan manfaat osteoprotektif.


7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat dalam alpukat mendapat pujian di sini. Mereka juga mengandung potasium, yang dikenal untuk meningkatkan pencernaan yang sehat. Karena alpukat rendah fruktosa, mereka juga cenderung menyebabkan gas perut.

Alpukat juga menjadi makanan pilihan untuk melawan diare. Kalium yang dikandungnya membantu mengisi elektrolit yang hilang. Anda dapat menaburkan garam di atas alpukat untuk sedikit natrium jika terjadi diare.

BACA JUGA : Mayat Laki-laki di Atas Bebatuan Sungai Cideres Gegerkan Warga Cipalegor Tasikmalaya


8. Dapat Membantu Pengobatan Diabetes

Meskipun alpukat memiliki kalori yang relatif lebih banyak, alpukat juga penuh dengan serat dan lemak esensial dan rendah karbohidrat. Oleh karena itu, ini mungkin menjadikannya salah satu makanan ideal bagi penderita diabetes.

Menurut American Diabetes Association, jenis lemak yang Anda konsumsi lebih penting daripada jumlahnya. Asosiasi merekomendasikan makan lebih banyak lemak tak jenuh tunggal, mengutip alpukat sebagai salah satu makanan terbaik dalam hal ini. Ini juga sangat merekomendasikan penderita diabetes untuk memasukkan alpukat dalam makanan mereka.


Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait