Pete Buttigieg Terpilih Jadi Menteri Gay Pertama dalam Sejarah Amerika

Jawa Barat —Minggu, 24 Jan 2021 15:28
    Bagikan:  
Pete Buttigieg Terpilih Jadi Menteri Gay Pertama dalam Sejarah Amerika
(foto:theguardian)


POSKOTAJABAR, WASHINGTON.

Menteri Transportasi Amerika Serikat (AS) pilihan Presiden terpilih Joe Biden, Pete Buttigieg, di hadapan 26 anggota senat, memperkenalkan suaminya, Chasten, yang duduk beberapa langkah di belakangnya, Kamis (21/1/2021) WIB.

Dalam video perkenalannya tersebut, Buttigieg tidak hanya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang telah memberikan kepercayaan padanya masuk ke dalam kabinet.

 

BACA JUGA : Hendak Menyebrangi Sungai Gunakan Jerigen, Naas Salah Satu Korban Tenggelam

 

"Saya juga ingin menggunakan momen ini juga untuk memperkenalkan suami saya Chasten," ujar Buttigieg yang lalu menolehkan kepalanya ke belakang dalam tayangan video viral yang diakses POSKOTAJABAR dari media sosial Twitter, Sabtu (23/1/2021) WIB.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada dia atas banyak pengorbanan dan dukungannya yang membuat ini menjadi mungkin bagi saya untuk melakukan layanan publik ini," ucapnya.

 

Menteri LGBT Pertama

Sebagai catatan, dalam sejarah Amerika Serikat, Buttigieg adalah anggota kabinet dengan status gay (LGBT) pertama, yang juga mengonfirmasi langsung di depan para Senat.

Dikutip dari AFP, Direktur Intelijen saat kepresidenan Donald Trump, Richard Grenell juga dikenal membuka diri sebagai seorang gay. Namun, selama menduduki jabatannya, dia belum pernah mengonfirmasi hal tersebut di depan senat Amerika Serikat.

 

 

BACA JUGA : Pembunuhan Pasangan Gay Hebohkan Warga Jawa Tengah, Lantaran Sakit Hati

 

Mantan Wali Kota South Bend

Lebih lanjut, Buttigieg sendiri sebelumnya adalah rival Joe Biden di internal Partai Demokrat saat pencalonan untuk Pemilihan Presiden AS 2020

Buttigieg sebelumnya adalah Wali Kota South Bend di negara bagian Indiana selama dua periode, 2012-2020. Di sela itu, pada 2014, dia bertugas ke Afghanistan sebagai prajurit intelijen angkatan laut Amerika Serikat.

Joe Biden memuji Buttigieg sebagai pemimpin generasi selanjutnya. Dia menjanjikan kepada Buttigieg akan membawa kemampuan penyelesaian masalah yang kritis untuk memperbaiki dan meningkatkan infrastuktur transportasi di AS.

Dalam pertemuan pertama dengan para Senat, Buttigieg pun melontarkan gagasan kebijakan iklim Biden yang diyakininya dapat pula mendukung penambahan lapangan kerja, salah satunyaa dengan pembangunan stasiun-stasiun pengisian bahan bakar untuk kendaraan listrik.

"Kita tidak dapat tidak melakukan tindakan apapun atas iklim," ucap Buttigieg. (dwa)


Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait