Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Akan Mengundurkan Diri

Jawa Barat —Selasa, 26 Jan 2021 11:24
    Bagikan:  
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Akan Mengundurkan Diri
Giuseppe Conte. (foto:wikipedia)

POSKOTAJABAR, ROMA.

Giuseppe Conte mengumumkan dirinya akan segera mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri (PM) Italia.

Dilansir AFP pada Selasa (26/1/2021) pengunduran diri Conte tersebut dalam bentuk upayanya untuk membangun pemerintahan baru setelah berminggu-minggu adanya kekacauan.

Conte mengadakan rapat kabinet pada pukul 9:00 waktu setempat, ketika dia "akan menginformasikan para menteri tentang keinginannya untuk pergi ke Quirinale (kantor Presiden Sergio Mattarella) untuk mengundurkan diri", kata kantornya.

 

BACA JUGA : Usai Menulis Status Ujaran Kebencian kepada Nakes, Pemain Kendang Datangi Polsek Parigi

 

Laporan dari media menunjukkan bahwa Conte akan mencari mandat baru untuk membentuk pemerintahan baru Italia guna memerangi pandemi Covid-19, yang telah menyebabkan 85.000 orang tewas di negara itu dan melumpuhkan sektor perekonomian tersebut.

Pengunduran Conte dari kursi Perdana Menteri Italia ini terjadi menjelang pemungutan suara kunci tentang reformasi peradilan akhir minggu ini, yang menurut para komentator pemerintah kemungkinan akan kalah.

 

BACA JUGA : Saat Bermain Bocah 10 Tahun Meninggal Masuk Sumur di Kolam Ikan

 

Sebelum pengumuman, partai terbesar di parlemen, Gerakan Bintang Lima yang populis (M5S), menyatakan akan mendukung Conte.

"Kami tetap di pihak Conte," kata pernyataan dari para pemimpin partai di kedua majelis parlemen, Davide Crippa dan Ettore Licheri. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait