Tenaga Kesehatan yang Bertugas di Daerah Suku Adat Baduy Menjalani Vaksinasi

Jawa Barat —Selasa, 26 Jan 2021 14:59
    Bagikan:  
Tenaga Kesehatan yang Bertugas di Daerah Suku Adat Baduy Menjalani Vaksinasi
Seorang tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Cisimeut, Kabupaten Lebak, tengah menjalani vaksinasi.(Ist.)

POSKOTAJABAR, RANGKASBITUNG.

Tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di daerah suku adat Baduy Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak menjalani vaksinasi Covid-19. Sebanyak 25 nakes menjalani tahapan pertama vaksinasi di Puskesmas Cisimeut, pada Senin (25/01/2021).

Kepala UPT  Puskesmas Cisimeut, dr. Maytri Nurmaningsih, mengatakan, vaksinasi dilakukan sekaligus dalam satu hari. Sehingga, saat ini vaksinasi tahap pertama bagi para tenaga kesehatan di wilayah suku baduy sudah selesai.

BACA JUGA:  Pemkot Bandung Menyambut Baik Kerjasama dan Inovasi Penanggulangan Covid-19 dengan Penguatan Puskesmas

"Alhamdulillah, sebanyak 25 nakes telah selesai menjalani vaksinasi, sesuai instruksi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak ," kata dr. Maytri kepada awak media, Selasa (26/01/2021). 

Di Puskesmas Cisimeut sendiri sebetulnya terdapat 35 nakes yang bertugas. Dari 35, hanya 25 nakes yang menjalani vaksinasi, karena 8 nakes lainnya tidak memenuhi persyaratan dan 2 lainnya ditunda. Dalam vaksinasi tersebut sempat mengalami kendala dalam mengakses aplikasi Primary Care atau P'care yang menjadi aplikasi basis data untuk verifikasi data nakes.

BACA JUGA:  Mantan Ketua Umum Majelis Mujahidin Indonesia Abu Jibril Meninggal Dunia

"Sempat terganggu selama 30 menit, untuk mem-backup-nya kita lakukan verifikasi secara manual. Tapi setelah itu, dapat kembali lancar," ungkapnya.

Dalam vaksinasi tersebut pihaknya tidak mendapatkan laporan dari nakes yang mengalami gejala akibat vaksinasi tersebut. "Alhamdulillah, tidak ada yang merasakaan gejala apapun," ujarnya.(yusuf/tri)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait