Belanda Kembali Rusuh, Ratusan Orang Ditangkap dalam Aksi Tolak Lockdown

Jawa Barat —Selasa, 26 Jan 2021 17:54
    Bagikan:  
Belanda Kembali Rusuh, Ratusan Orang Ditangkap dalam Aksi Tolak Lockdown
(foto: REUTERS/Piroschka van de Wouw)

POSKOTAJABAR, AMSTERDAM.

Selama tiga malam terakhir Belanda dilanda kerusuhan saat warga lakukan aksi berunjuk rasa memprotes pemberlakuan jam malam dan lockdown untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di negera tersebut.

Dikutip dari AFP, Selasa (26/1/2021), ratusan orang ditangkap terkait kerusuhan yang terjadi secara luas di beberapa kota negara tersebut. Polisi terlibat bentrok dengan sekelompok demonstran di ibu kota Amsterdam, juga di kota pelabuhan Rotterdam.

Dalam kerusuhan tersebut, para demonstran menghancurkan kaca jendela toko-toko dan menjarah isinya.

Namun motif di balik aksi pengrusakan dan penjarahan ini masih belum jelas, dengan sebagian besar perusuh adalah anak muda.

 

BACA JUGA : Saat Bermain Bocah 10 Tahun Meninggal Masuk Sumur di Kolam Ikan

 

Kepala kepolisian setempat, Willem Woelders, menuturkan dalam pernyataan via televisi bahwa 70 orang ditangkap terkait kerusuhan terbaru hingga Senin (25/1/2021) malam, sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Sementara 250 orang ditangkap dalam kerusuhan yang pecah di beberapa kota pada Minggu (24/1/2021) waktu setempat.

 

BACA JUGA : Saat Bermain Bocah 10 Tahun Meninggal Masuk Sumur di Kolam Ikan

 

Meriam air dikerahkan untuk membubarkan para penjarah di Rotterdam dan gas air mata digunakan untuk membubarkan demonstran di Haarlem.

Pada Senin (25/1/2021) malam, sejumlah Wali Kota di beberapa kota di Belanda mengumumkan akan menerapkan langkah-langkah darurat untuk mencegah kerusuhan lebih lanjut. (dwa)

 

 

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait