Angka Positif Covid-19 di Indonesia Sudah Tembus di Atas Satu Juta Orang

Jawa Barat —Selasa, 26 Jan 2021 20:21
    Bagikan:  
Angka Positif Covid-19 di Indonesia Sudah Tembus di Atas Satu Juta Orang
Menkes, Budi Gunadi Sadikin, menegaskan, angka kumulatif kasus positif virus corona atau Covid-19 sudah melebihi 1 juta orang. (Setkab)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Wabah Corona atau Covid-19 di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Angka positif Covid-19 kini sudah tembus di atas satu juta orang atau tepatnya ada 1.012.350 kasus positif di Indonesia. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, mencatat ada penambahan total 13.094 yang positif Covid-19, Selasa (26/01/2021).

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menegaskan, angka kumulatif kasus positif virus corona atau Covid-19 yang sudah melebihi 1 juta orang, menunjukkan bahwa kita harus bekerja keras.

"Angka 1 juta ini memberikan satu indikasi bahwa seluruh rakyat Indonesia bersama pemerintah agar bekerja sama dalam mengatasi pandemi Covid-19," tegas Budi Gunadi Sadikin.

BACA JUGA:  KPK akan Periksa Lima Anggota DPRD Jawa Barat, Terkait Suap Proyek di Pemkab Indramayu

Permintaan krusial itu, disampaikan Menkes Budi, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (26/01/2021) sore, dalam keterangannya di Kantor Presiden yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden. 

Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, jumlah orang yang terpapar Covid-19 di Indonesia menembus angka 1 juta orang, angka ini memiliki makna yang harus disadari dan angka ini membuat kita harus merenung. Ada dua momen penting yang harus kita sadari. Momen pertama adalah saatnya kita berduka, karena ada banyak saudara kita yang sudah wafat akibat Covid-19. 

"Selain itu, lebih dari 600 tenaga kesehatan yang gugur dan mungkin sebagian dari keluarga dekat dan teman dekat kita sudah meninggalkan kita karena Covid-19," ujar Budi. 

BACA JUGA:  28 Kecamatan di Kabupaten Indramayu Tergolong Zona Merah Covid-19, Inilah Daftarnya

Momen kedua, lanjut Menkes, kita harus kerja keras sehingga pengorbanan yang telah dilakukan oleh saudara kita, utamanya tenaga kesehatan itu tidak sia-sia. 

Budi menegaskan, semua orang ahli epidemiologi mengatakan untuk mengatasi atau mengurangi laju penularan dari Covid-19. Sehingga, fasilitas kesehatan yang kita memiliki tidak menjadi beban berat, dan  kita memiliki waktu yang banyak untuk merespon virus ini. 

"Secara gradual terus mengurangi penularan Covid-19, bisa menghilangkan sama sekali, bagaimana cara mengurangi laju penularan, yakni dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Upaya ini, tidak bisa dilakukan oleh pemerintah tanpa komponen bangsa memastikan dan kerja keras, termasuk saling mengingatkan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan," tandas Budi. (johara/ys)



Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait