Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Presiden Jokowi Gantikan Idham Azis

Jawa Barat —Rabu, 27 Jan 2021 13:45
    Bagikan:  
Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Presiden Jokowi Gantikan Idham Azis
Listyo Sigit Prabowo. IST

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) di Istana Negara untuk menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan tersebut akan berlangsung hari ini. Demikian disampaikan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono. 

Menurut Heru, pelantikan Kapolri akan dilakukan Presiden setelah menjalani vaksinasi Covid-19 kedua. 

Setelah itu, kegiatan Presiden Jokowi dilanjutkan dengan pelantikan  Keanggotaan Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) .

BACA JUGA:  Prostitusi Online Melibatkan Anak Dibawah Umur Dibongkar Polda Jawa Timur

Adapun aggota Dewas LPI dari unsur profesional yaitu Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menetapkan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri terpilih menggantikan Jenderal Idham Azis. Penetapan itu dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani, Kamis (21/1) lalu.

Pengesahan diawali dari laporan Komisi III terkait hasil fit and proper test Listyo Sigit. 

Listyo Sigit adalah calon tunggal yang diajukan oleh Presiden Jokowi ke DPR. Dia akan menggantikan posisi Jenderal Pol Idham Azis yang segera memasuki masa pensiun pada Februari mendatang.

BACA JUGA:  Bareskrim Polri Mencecar Ambroncius Nababan dengan 25 Pertanyaan, dalam Kasus Rasisme Terhadap Natalius Pigai

Listyo adalah pria kelahiran Ambon, Maluku 1969. Sebelum dipilih sebagai calon Kapolri tunggal oleh Presiden Jokowi, alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu telah melewati banyak penugasan, sebelumnya menjabat sebagai Kabareskrim. 

Listyo Sigit Prabowo juga pernah  Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Ia kemudian menjabat Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan terakhir sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. (johara/tri)

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait