Jaga Mutu dan Khasiat Vaksin Sinovac, Badan POM Kawal Proses Pendistribusian

Jawa Barat —Kamis, 28 Jan 2021 08:47
    Bagikan:  
Jaga Mutu dan Khasiat Vaksin Sinovac, Badan POM Kawal Proses Pendistribusian
Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran drg Yani Achmad Marzuki saat menurunkan vaksin sinovac yang akan disimpan kedalam gudang farmasi (foto: dry)
POSKOTAJABAR, PANGANDARAN

Pendistribusian logistik Vaksin Sinovac dari gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat ke beberapa Kabupaten/Kota di wilayah Priangan Timur. Selain dalam pengawalan ketat dari pihak TNI-Polri juga dalam pengawasan Badan POM RI.

Kepala Loka POM Tasikmalaya Jajat Setia Permana mengatakan, pendistribusian logistik vaksin Sinovac tahap pertama ke wilayah priangan timur dimulai start dari Bandung pada pukul 07.30 WIB.

"Track atau tujuan pendistribusian kita mulai dari Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan terakhir di Kabupaten Pangandaran," ujarnya kepada wartawan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Pangandaran, Rabu (27/01/2021).

Jajat menyebutkan, untuk tahap kedua pendistribusian vaksin pihaknya masih menunggu kabar dari Kemenkes, sementara kapan jadwalnya dan sebagainya kita juga masih menunggu kabar.

"Kita dari Badan POM mengawal pendistribusian vaksin agar selalu terjaga mutu dan khasiatnya serta  keamanannya, terlebih dari suhu selama dalam perjalanan," katanya.

Kata dia, selama dalam perjalanan pihaknya terus mengecek suhu agar sesuai dengan standar rata-rata 4 derajat sampai 5 derajat celsius.

"Ketentuannya kan 2 sampai 8 derajat celcius, dan kita juga pastikan tempat penyimpanan vaksin ini juga sudah sesuai dengan ketentuannya, tadi kita cek di suhu di gedung farmasi ini di angka 5 derajat celcius dan itu sesuai dengan ketentuan," jelas Jajat.


Menurut dia, dalam pendistribusian yang sesuai ketentuan ini insya allah mutu vaksin akan tetap terjaga dan akan menghasilkan manfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Untuk penjagaan di titik penyimpan, Jajat menegaskan, pihaknya tidak ikut serta dalam menjaga vaksin di gudang farmasi, tetapi pihaknya selalu berkoordinasi sama petugas yang jaga.

"Apabila nanti disini ada masalah, maka si petugas jaga akan langsung kontak kita (Loka POM,red) dan nanti kita mungkin seperti apa untuk penyelesaiannya," tandasnya. (dry)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait