Sejarah Asal Usul Black Forest, Kue Indah dan Lezat Asal Jerman

Pendidikan —Kamis, 28 Jan 2021 12:32
    Bagikan:  
Sejarah Asal Usul Black Forest, Kue Indah dan Lezat Asal Jerman
Kue Black Forest. (foto:livforcake)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Kita sering menemukan kue Black Forest entah itu saat ulang tahun juga saat pernikahan, namun apakah kamu pernah mendengar sedikit kisah dari terciptanya salah satu kue paling popular di dunia ini?

Kue Black Forest berasal dari Jerman. Kue ini terdiri dari empat lapisan kue bolu coklat yang diisi dengan ceri dan krim yang kemudian ditutup dan dihias dengan lebih banyak krim, buah ceri dan serutan coklat.

 

BACA JUGA :  Seorang Penumpang Bus Budiman Ditemukan Meninggal di Jok Bus Belakang

 

Sejarah Kue Black Forest

Dikutip dari Kitchen Project, beberapa sejarawan percaya kue Black Forest pada mulanya berasal dari akhir abad ke-16 di kawasan Der Schwarzwald (Black Forest) yang terletak di negara bagian Baden-Wttemberg.

Akan tetapi nama makanan penutup ini bukan mengambil dari nama tempatnya, tetapi dari minuman khas daerah tersebut, yang dikenal sebagai Schwarzwälder Kirsch (wasser) dan disuling dari buah ceri Morello yang asam.

Pada era itu, cokelat diintegrasikan ke dalam kue untuk pertama kalinya. Kecintaan orang Jerman pada minuman dan coklat tersebut menghasilkan sebuah kue enak dan indah.

 

BACA JUGA : Granat Tangan Aktif Ditemukan Warga di Sungai Cikapundung, Diduga Sisa Perang Dunia Kedua

 

Black Forest dinilai mirip dengan pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita di kawasan Black Forest. Gaun itu berwarna hitam seperti kue cokelat, blusnya berwarna putih seperti krim, topinya, Bollenhut, memiliki pom-pom merah yang terlihat seperti ceri, dan kerudung renda hitam yang berfungsi melindungi mata terlihat seperti serpihan cokelat atau hiasan pinggir.

Tidak ada yang yakin bahwa bahan-bahan dipilih untuk menyerupai pakaian tersebut, tetapi ini adalah kebetulan sama dan bagus. Topi itu bahkan dipercaya memiliki berat yang mirip dengan kue Black Forest itu sendiri.

 

Penemu Kue Black Forest

Josef Keller (1887-1981) adalah penemu kue ceri dari Black Forest. Keller merupakan koki pastry di Caf “Ahrend” (hari ini disebut Agner) di Bad Godesberg. Pada tahun 1915 ia menciptakan kue yang ia sebut “Schwarzwaelder Kirsch”, atau “Black Forest Cherry” untuk pertama kalinya di dunia.

Lepas dari militer, Keller mendirikan kafenya sendiri, Radolfzell. August Schaefer dipercaya untuk mengurusi perjualan Radolfzell dari tahun 1924 hingga 1927. Setelah bertahun-tahun berkolaborasi, Keller memberi Schaefer buku resepnya yang berisi resep asli kue Black Forest.

Buku resep tersebut kemudian diwariskan ke putranya, Claus, yang terus membawa dan melanjutkan resep original buatan Keller.

 

Sementara itu, seorang juru arsip kota Tübingen, Jerman, menemukan sebuah foto yang menunjukkan Erwin Hildenbrand, seorang koki pastry dari Cafe Walz di Tübingen membuat kue Black Forest pada musim semi tahun 1930. Sebelumnya, dia bekerja di beberapa tempat di kawasan Black Forest. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait