Kasus Covid-19 Lewati 1 Juta, Rupiah Anjlok Parah

Jawa Barat —Kamis, 28 Jan 2021 15:19
    Bagikan:  
Kasus Covid-19 Lewati 1 Juta, Rupiah Anjlok Parah
uang. foto Unplash

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Peningkatan kasus positif Covid-19 yang menembus satu juta lebih berdampak kepada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Pada hari ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS melemah ke level Rp14.096 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Kamis (28/1/2021), rupiah melemah 0,33% atau terpangkas 46 poin pada pukul 09.15 WIB, bila dibandingkan harga penutupan kemarin, Rabu (27/1/2021) yang di level Rp14.050 per dolar AS.

BACA JUGA :  Seorang Penumpang Bus Budiman Ditemukan Meninggal di Jok Bus Belakang

Direktur Centre for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi yang dihubungi di Jakarta, Kamis (28/1/2021) menilai melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dampak dari terjadinya peningkatan kasus positif Covid-19 yang sudah melewati angka satu juta.

"Ini sangat mengkhawatirkan karena diperkirakan peningkatan akan terjadi terus ke depan, sehingga bagaimana investor mau masuk dalam kondisi seperti ini," ujar Uchok.

Uchok Sky Khadafi, Direktur CBA. (ist)

Selain itu, lanjut dia, adanya pembatasan kegiatan masyarakat juga mengakibatkan adanya perlambatan dalam pemulihan ekonomi. "Ini juga memengaruhi nilai tukar rupiah," kata Uchok.

Uchok juga menjelaskan perilaku masyarakat yang masih banyak tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga angka penularan Covid-19 terus meningkat. Di sisi lain juga mulai terbatasnya pelayanan kesehatan karena peningkatan kasus positif tersebut.

Ia menegaskan, seandainya sejak awal saat kali pertama kasus Covid-19 muncul, dilakukan penutupan bandara, termasuk pembatasan mobilitas masyarakat, mungkin kondisinya tidak seperti sekarang.

BACA JUGA : Granat Tangan Aktif Ditemukan Warga di Sungai Cikapundung, Diduga Sisa Perang Dunia Kedua

Uchok menambahkan, nasib nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan akan terus melemah ke depan kalau peningkatan Covid-19 terus terjadi. (johara/ys)

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait