PSSI Melakukan Tes Kebugaran Wasit dan Asisten Wasit FIFA 2021

Sepak Bola —Kamis, 28 Jan 2021 18:02
    Bagikan:  
PSSI Melakukan Tes Kebugaran Wasit dan Asisten Wasit FIFA 2021
Wasit FIFA asal Jabar, Thoriq Munir Alkatiri (depan), bersama dua wasit lainnya tengah mengikuti arahan instruktur dalam acara melakukan tes kebugaran untuk wasit dan asisten wasit FIFA. (PSSI)

POSKOTAJABAR, JAKARTA.

PSSI melakukan tes kebugaran untuk wasit dan asisten wasit FIFA. Sebanyak lima wasit dan enam asisten wasit FIFA ikut serta dalam kegiatan tes kebugaran ini, yang diadakan oleh Departemen Wasit PSSI di Revive Bogor Pendopo 45 Resort Bogor, 23-25 Januari 2020 lalu.

Selama kegiatan berlangsung, sebanyak 11 wasit terlebih dahulu dites medical check-up di RS Royal Progress, Jakarta pada Sabtu (24/01/2021), dan dilanjutkan dengan sesi sharing dan diskusi dengan beberapa insturuktur yang hadir.

Instruktur wasit yang hadir yakni Yandri, Yesayas Leihitu, dan Oki Dwi Putra. Pada esok harinya, wasit-wasit yang hadir akan dites kebugarannya di Lapangan Nirwana Park, Sawangan, Bogor. Kegiatan tes kebugaran ini juga menjadi bagian dari validasi wasit-wasit Indonesia berlisensi FIFA untuk mendapatkan badge wasit FIFA 2021, sekaligus menjadi kewajiban bagi PSSI untuk mengetahui perkembangan kemampuan kebugaran masing-masing dari mereka.

BACA JUGA:  Reaktivasi Teras Cihampelas, Akan Ada Jalur Khusus Sepeda



Para wasit dan asisten wasit FIFA PSSI ikut serta dalam kegiatan tes kebugaran di Revive Bogor Pendopo 45 Resort, Bogor, 23-25 Januari 2020 lalu. (PSSI)


FIFA mewajibkan masing-masing federasi untuk melakukan medical check-up dan fitness test bagi wasit-wasit FIFA yang ditunjuk. Kegiatan ini, sekaligus menjadi kewajiban PSSI untuk mengetahui kemampuan level kebugaran dari masing-masing wasit. Selanjutnya, PSSI akan melakukan pendampingan sambil menunggu tes kebugaran yang akan dilakukan oleh FIFA.
 
Salah satu wasit yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, Thoriq Munir Alkatiri, mengungkapkan, tes kebugaran ini dilakukan sebagai evaluasi sekaligus menjadi uji kelayakan kepada wasit yang akan bertugas pada pertandingan berskala internasional di tahun 2021 ini.

"Ini penyegaran yang harus dilakukan setahun sekali. Sebelum memasuki pergantian tahun atau sesudahnya, kita akan dites medical check-up, fisik, interview dan segala macam, serta kecakapan kita untuk, apa kita layak untuk (sebagai wasit) FIFA tahun berikutnya,” kata Thoriq.

BACA JUGA:  Dunia Olah Raga Kehilangan Sosok Orang yang Berdedikasi Tinggi



Salah satu materi tes adalah lari, mengingat posisi wasit yang mobile. (PSSI)


Wasit yang sudah mendapatkan izin untuk memimpin laga internasional pada 2020, belum tentu bisa menjadi pemimpin di lapangan pada tahun berikutnya. Hal tersebut, bisa terjadi bila saat tes kebugaran yang diselenggarakan dari PSSI maupun FIFA sang wasit tidak lulus.

"Contohnya seperti tahun 2020, kita sudah mendapatkan badge FIFA, tapi tidak otomatis kita langsung mendapatkan badge FIFA lagi, kalau tidak dites. Ketika melalui proses tes ini, ketika kita lulus, kita akan dapat badge FIFA lagi di tahun 2021,” tambah Thoriq.

Dengan adanya wasit-wasit yang mempunyai lisensi FIFA, akan menjadi kebanggaan PSSI dan sepak bola Indonesia. Selain itu, wasit-wasit ini bisa menjadi pemicu wasit-wasit lainnya untuk terus menunjukkan performa terbaik saat di tes maupun di lapangan. (nang's)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait