Mengenal Macam-Macam Hormon Bahagia dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Pendidikan —Jumat, 29 Jan 2021 16:19
    Bagikan:  
Mengenal Macam-Macam Hormon Bahagia dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya
sumbu.official instagram

POSKOTAJABAR,BANDUNG. 

Kebahagiaan seseorang biasanya dihasilkan oleh hormon bahagia yang kita miliki di otak kita. Hormon adalah bahan kimia yang diproduksi oleh berbagai kelenjar di seluruh tubuh kita. Mereka melakukan beberapa perjalanan yang bertindak sebagai pembawa pesan dan berperan besar dalam sistem dan proses tubuh kita.

Hormon memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah meregulasi atau berperan besar dalam perubahan suasana hati atau biasa ita sebut dengan mood.

BACA  JUGA : Terkait Musrenbang, Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi Kritik Pemkot

Hormon bahagia ini terbagi menjadi:

Pertama, Serotonin

Hormon ini mempunyai tugas untuk membawa pesan antar sel dalam otak. Hormon ini berperang penting dalam memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Bisa dikatakan hormon ini merupakana hormon stabilizer untuk susana hati kita. Cara mengaktifkan hormon ini yaitu diantaranya dengan, berlatih meditasi, menghabiskan waktu bertamasya, berlatih dan menjadi produktif.

Kedua, Dopamine

Hormon dopamin adalah senyawa kimia yang berperan mengirimi sinyal ke dalam otak. Dopamin juga biasa disebut sebagai “ The Reward Chemical” atau hormon yang diaktifkan ketika kita telah mencapai suatu pencapaian. Cara mengaktifkannya yaitu dengan selalu bersyukur dengan hal hal yang kecil, makan makanan enak, dan memanjakan diri sendiri seperti pergi shopping atau dengan skincare, itu tandanya bentuk kamu merawat diri sendiri loh!

BACA  JUGA : Pelaku Penusukan Imam Masjid di Depok Ternyata Pernah Dideportasi dari Jepang Gegara Kasus Pelecehan

Ketiga, Endorphine

“ The Pain Killer”, senyawa kimia yang satu ini akan membuat seseorang merasa senang dan juga berperan sebagai kekebalan tubuh. Hormon endorfin akan didapatkan ketika kita merasa bahagia dan mendapatkan istirahat yang cukup. Untuk mengaktidkan hormon ini, lakukan hal seperti menonton film, bersosialisasi, menjadi relawan, dan terakhir jangan lupa untuk selalu olahraga dan menjadi produktif.

Keempat, Oxytocin

Hormon oksitosin, dikenal dengan perannya sebagai “Love Hormone”. Sebenarnya, hormon oksitosin adalah suatu senyawa yang digunakan dalam sistem reproduksi wanita dan melancarkan proses persalinan. Namun, nyatanya dikenal sebagai hormon yang lebih kompleks. Cara agar hormon ini bisa aktif yaitu dengan kontak fisik sebagai wujud ekspresi afeksi, seperti cinta, perhatian, kasih sayang dan juga memberikan pujian kepada orang tersebut.

 

Itulah, peran dibalik kebahagiaan dan suasana hati seseorang. Lengkap dengan cara mengaktifkannya. (hm)

 BACA  JUGA : Pelaku Tinggalkan Motor Matic Milik Korban di Mitra Batik Tasikmalaya

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait