Diduga akan Lakukan Penipuan Menggandakan Dolar, Seorang WNA Diamankan Polisi

Jawa Barat —Jumat, 29 Jan 2021 17:24
    Bagikan:  
Diduga akan Lakukan Penipuan Menggandakan Dolar, Seorang WNA Diamankan Polisi
Menyerupai uang kertas dolar pecahan $ 100 dolar milik ECM yang akan digunakan sebagai alat penipuam. (Foto:Ist)

POSKOTAJABAR,SUKABUMI.

Jajaran Polres Sukabumi Kota mengamankan seorang warga negara asing (WNA) berinisial ECM (41), di salah satu Hotel di Kota Sukabumi. ECM diamankan kerena diduga akan melakukan penipuan dengan modus mencari tanah untuk di beli dan mengaku bisa menggandakan dolar.

"ECM diamankan pada hari  Rabu (27/1/2021) Januari 2021 sekira pukul 10. 00 Wib, setelah keluar dari kamar salah satu Hotel di Kota Sukabumi,"ujar Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni, saat dihubungi melalui aplikasi perpesanan whatsapp, Kamis (28/1/2021).

Sumarni menjelaskan, kronologis kejadian bermula pada  Rabu (27/01/2021) sekitar jam 09.30 Wib, piket Reskrim kedatangan saudara LH yang  melaporkan kecurigaannya terhadap orang asing yang akan melakukan penipuan.

"LH mengaku sudah janjian di Hotel, selanjutnya Piket Reskrim menuju ke Hotel bersama dengan saudara LH,"katanya.

BACA JUGA : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Cari 5000 Anak Muda untuk Pertanian Milenial



Setelah dihotel dan menunggu beberapa menit, sambung Sumarni, terlihat orang asing tersebut mengajak LH  masuk kamar. Ditunggu sekitar setengah jam, kemudian ditelepon oleh resefsionis dan kamar hotel dibuka, ketika mau masuk  orang tersebut keluar.

"Saudara LH menjelaskan bahwa ia telah melihat sendiri WNA tersebut menggandakan uang dolar. Selanjutnya WNA tersebut diintrogasi dan tidak memiliki identitas atau Pasport, kemudian diamankan ke Mako Polres,"ungkap AKBP Sumarni.

Berdasarkan hasil Introgasi, lanjut Sumarni, yang bersangkutan mengakui akan menipu L (pelapor) dengan uang dolar. Caranya, denga memperagakan tekhnik menggandakan uang dolar yaitu, dua lembar uang dolar yg sudah di berikan cairan tipex, lalu di satukan dengan uang dolar pecahan $20  dan digosok dengan cairan betadine lalu dicuci, sehingga dolar tersebut bersih lagi, selanjutnya diberikan kepada pelapor untuk  meyakin bahwa uang tersebut asli.


BACA JUGA : Ketahuan Bawa Kabur Motor Curian, Tiga Tersangka Curanmor Babak Belur Diamuk Warga



Selanjutnya, pelaku mengatakan, apabila pelapor mau cari uang harus dengan uang 20 juta bisa jadi 20 juta, 200 juta bisa jadi 400 juta, akan tetapi pelapor mengatakan tidak punya uang.

"Pelapor tidak  sempat menyerahkan uang karena tidak ada uang dan telah melaporkan kecurigaan tersaebut kepada Polisi,"ungkap Sumarni.

Sumarni menambahkan, setelah WNA tersebut diamankan oleh jajaran  Polres Sukabumi Kota, pegawai Hotel atas nama JS menemukan kresek warna hitam berisi amplop  coklat denga 88 lembar kertas  seukuran uang dolar didalamnya, dan terlihat secara samar  gambar menyerupai uang kertas dolar pecahan $ 100 dolar.


 

BACA JUGA :Pelaku Penusukan Imam Masjid di Depok Ternyata Pernah Dideportasi dari Jepang Gegara Kasus Pelecehan



Setelah ditanyakan kepada ECM, kata Sumarni, dia mengakui bahwa barang tersebut  miliknya yang sudah disiapkan sebagai alat, namun belum sempat digunakan.

"Jadi, belum ada korban yang dirugikan atas kejadian yang melibatkan Orang Asing tersebut. Terkait WNA tersebut tidak memiliki dokumen atau Pasport, sudah koordinasi dengan Kepala Imigrasi Kelas II Sukabumi untuk penanganan lebih lanjut,"pungkasnya. (Hendra)


BACA JUGA : Kemenaker Pasang Target Menyiapkan 500 Ribu Pekerja Terampil di Tahun 2021


Editor: Suherlan
    Bagikan: