Jum’at Peduli, Ladang Generasi Muda Berbagi

Gaya Hidup —Sabtu, 30 Jan 2021 11:02
    Bagikan:  
Jum’at Peduli, Ladang Generasi Muda Berbagi
Volunteer dari Pemuda Peduli tengah berbagi kepada seorang Petugas Kebersihan pada

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Dalam buku yang berjudul "Why Good Things Happen to Good People" karya Stephen Post, seorang profesor kedokteran pencegahan di Stony Brook University, menulis bahwa memberi kepada orang lain telah terbukti meningkatkan kualitas sehat pada tubuh seseorang dan bisa meringankan penyakit kronis, termasuk HIV dan multiple sclerosis.

Dari buku tersebut dapat kita ketahui bahwa berbagi itu berdampak besar bagi kita dan bermanfaat bagi orang lain. Ini pula yang disadari dan diamini oleh Pemuda Peduli, sebuah NGO (Non Governmental Organization), yang bergerak fokus di bidang pendidikan dan aktivasi anak muda.

Melalui sebuah program bernama “Jum’at Peduli”, Pemuda Peduli menyediakan lahan untuk generasi muda berbagi. “Jum’at Peduli”, adalah sebuah Program donasi untuk #KitaPeduli dengan membagikan makanan berat di hari Jum’at setiap satu bulan sekali. Dimana nantinya, donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan di jalanan dan juga kepada anak-anak yatim dan piatu yang tersebar di sekitar kota Bandung, tempat dimana kegiatan Pemuda Peduli terpusat.

BACA JUGA : Majukan Kehidupan Desa Bersama Pemuda Peduli

Adapun paket donasi yang tersedia dalam program “Jum’at Peduli” yaitu berkisar mulai dari 10.000, 30.000, 50.000, dan juga 70.000. Said Alwy, CEO dari Pemuda Peduli berpendapat bahwa adanya program “Jum’at Peduli” berasal dari keresahan pribadinya tentang pandemi yang terjadi.

            “Program ini berasal dari fenomena pandemic yang bukan lagi cukup berdampat. Tapi sudah luar biasa berdampak kepada kita ya. Kami mencoba memberikan sebuah bantuan dengan tujuan keberlangsungan kehidupan mereka yang tidak seberuntung kita yang masih bisa bekerja dan berpenghasilan di tengah pandemi saat ini” Ungkap Alwy, sapaan akrab pria yang dilantik secara resmi sebagai CEO dari Pemuda Peduli beberapa waktu lalu.

Said Alwy (Tengah), Saat berfoto bersama anak-anak desa binaan Pemuda Peduli di Cicangkanghilir, Kabupaten Bandung Barat pada (01/18).

            Ia juga menambahkan hari Jum’at dipilih sebagai pelaksanaan kegiatan ini hanya sebagai simbolis saja. Ia berpendapat bahwa berbagi itu bukan hanya sekedar di hari Jum’at saja.

BACA JUGA : Sekolah Gumi, Menjaga Pendidikan Tidak Mati Disaat Pandemi

            “Berbagi itu bisa di berbagai hari. Bahkan setiap hari pun bisa. Kita memilih hari Jum’at sebagai simbolisnya saja. Bahwa kebaikan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sebetulnya” Ucap Pria kelahiran Bandung tersebut.

            Alwy menjelaskan bahwa proses pelaksanaan “Jum’at Peduli” diawali penggalangan donasi, Tertera juga ya disitu paket-paket donasi yang bisa dipilih oleh temen-temen untuk berbagi. Nantinya jumlah donasinya akan diakumulasikan dan kita konversi menjadi makanan siap saji untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan” Jelasnya saat ditemui di Kantor Pemuda Peduli pada (01/15).

            Ia berharap dengan adanya “Jum’at Peduli” dapat menjadi satu program yang membantu masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan di kala pandemi yang masih terjadi hingga tahun 2021 ini.

BACA JUGA : TLX - Solusi Kirim Paket ke Luar Negeri Termurah, Aman, Cepat, dan Terpercaya

            “Semoga dengan adanya program ini dapat membantu beneficeries (mereka yang membutuhkan), ini juga bisa menjadi satu langkah untuk masyarakat saling menjaga dan membantu di pandemic yang sulit ini” Tutur Alwy, ia juga berpesan kepada generasi muda yang ingin berbagi bahwa ini merupakan waktu yang pas untuk menyisihkan rezeki kita untuk suatu kebemanfaatan.

            “Adanya pandemi yang masih terjadi sampai awal tahun 2021 ini, saya mengajak teman-teman untuk berbagi karena memang ini saat yang pas banget untuk berbagi secara berkala. Bagi yang belum memiliki waktu dan tenaga, bisa banget dengan membagi sedikit rezeki yang didapat untuk meringankan beban mereka yang membutuhkan tentunya. Bisa di cek untuk info lengkapnya tentang ‘Jum’at Peduli’ ini di official Instagram kita (@Pemudapeduli.id)” Pungkas Alwy.

BACA JUGA : Pemkot Cimahi Tingkatkan Pelayanan Air Bersih Ubah UPTD jadi BLUD Air Bersih

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait