8 Cara Paling Sederhana Menghilangkan Stres

Kesehatan —Sabtu, 30 Jan 2021 15:59
    Bagikan:  
8 Cara Paling Sederhana Menghilangkan Stres
Ilustrasi Stres ( Poskotajabar )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Stres adalah hal normal yang pernah dialami oleh setiap orang. Stres yang normal bisa memberikan dampak Positif misalnya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar masa tenggat waktu. Stres bisa dirasakan oleh siapa saja,  pernah merasa mudah marah, gelisah, frustrasi, kesepian, sulit menenangkan pikiran atau kerap berpikir negative. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terkena penyakit. Saat Anda sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi Anda Berikut ini adalah 8 Cara Paling Sederhana Menghilangkan Stres

BACA JUGA : Catat! Inilah 8 Batasan Dalam Pacaran

1. Mencorat-coret

unsplash

Gambar, tulisan, bahkan coretan tidak ada artinya pada secarik kerta bisa menjadi cara mudah bagi Anda untuk menghilangkan stres, Bahan yang Anda butuhkan pun cukup sederhana, yaitu sebuah pulpen dan secarik kertas. Anda bisa melakukan kegiatan ini di saat bosan terperangkap dalam rapat mingguan, sedang berbicara di telepon, atau saat Anda sedang menggemeratakkan gigi akibat dilanda cemas.

2. Tertawa

Tertawa mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh, kortisol, dan sebagai gantinya melepaskan hormon bahagia, yaitu endorfin sehingga dapat mengubah cara pandang Anda terhadap hal-hal yang membuat Anda stres. Ada banyak hal yang bisa memancing Anda tertawa, misalnya menonton serial sitkom favorit, bermain dengan anak kecil tetangga sebelah rumah, cari lelucon lucu di internet, menonton video-video lucu, atau apa saja yang bisa membuat Anda tertawa dengan mudah.

3. Berolahraga

unsplash

Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa meredakan stres. Satu cara yang sederhana dapat berupa berjalan kaki atau bersepeda mengitari komplek rumah. Anda juga bisa mencoba olahraga yang intensitasnya lebih tinggi, misalnya kickboxing atau Muay Thay.

4. Bermain Dengan Hewan Peliharaan

unsplash

 BACA JUGA : Resep Makanan Enak, Kue Putu Si Hijau yang Mengoyang Lidah


    Membelai, memeluk, atau menyentuh hewan penuh kasih dapat dengan cepat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut berguna bagi tubuh untuk menenangkan pikiran dan otot. Dengan cara inilah, Anda akan menjadi lebih rileks dan stres akan menghilang. kucing dijadikan hewan terapi karena kucing dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia, yaitu untuk mencurahkan kasih sayang.

    5. Mengeluarkan semua unek-unek

    Memendam perasaan, terutama perasaan yang mengganggu Anda, bisa membuat Anda stres. Lebih baik utarakan semuanya agar Anda bisa melepas beban Anda. Utarakan semua yang ada di benak dengan menulis buku harian atau langsung berbicara kepada orang yang bersangkutan, orang yang Anda percaya, atau psikolog. Percayalah, setelah mengeluarkan semua unek-unek itu, perasaan Anda pasti jauh lebih baik.

    6. Ibadah

    unsplash

    Beribadah memberikan waktu bagi diri Anda untuk terkoneksi dengan Tuhan. Ya, ini memberikan ketenangan, meredakan kecemasan, serta membuat Anda jadi lebih bersyukur. Selama menjalani semua proses tersebut, Anda membangun energi positif yang bisa menyingkirkan stres dan pikiran negatif yang memang merusak suasana hati.Sebagian besar agama mengatur umatnya untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan, misalnya tidak minum atau mengurangi alkohol dan selalu berpikiran positif. Kedua hal erat kaitan untuk mengelola stres.

    7. Jalani hobi Anda

    Coba pikirkan apa saja kegiatan yang disukai? Apakah belanja, jalan-jalan di mal, karaoke, nonton film, berkebun, memasak, atau pergi ke taman bermain? Anda bisa melakukan apa saja yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, namun kegiatan itu harus positif agar tidak menimbulkan masalah baru.


    8. Minum teh chamomile

    Meminum teh chamomile hangat berkhasiat untuk melepaskan ketegangan yang ada di dalam tubuh. Sifat menenangkan dalam chamomile juga membantu ibu hamil agar tidur lebih nyenyak. ( Rny )

    BACA JUGA : Ibnu Jamil dan Ririn Ekawati Resmi Menikah Hari Ini

    Editor: Rani R
      Bagikan:  


    Berita Terkait