Cegah Kerumunan di Pantai , Polres Ciamis Lakukan Pengetatan di Bunderan Emplak

Jawa Barat —Sabtu, 30 Jan 2021 20:50
    Bagikan:  
Cegah Kerumunan di Pantai , Polres Ciamis Lakukan Pengetatan di Bunderan Emplak
Petugas Kepolisian dan Sekdis Polisi Pamong Praja pada saat memeriksa kendaraan wisatawan yang hendak masuk ke Kawasan Pantai Pangandaran di Bunderan Emplak (foto: humaspolres)
POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Upaya mencegah penyebaran Covid-19 terus dilakukan Polri, salah satunya dengan melakukan penyekatan warga masyarakat atau wisatawan yang hendak akan berlibur dikawasan objek wisata Pantai Pangandaran oleh jajaran personel Polres Ciamis Polda Jabar. 

Penyekatan ini dilaksanakan di kawasan Bunderan Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (30/01/2021).

Penyekan kali ini, Polres Ciamis Polda Jabar menerjunkan anggota dua Polsek terdekat, yakni Polsek Padaherang dan Polsek Kalipucang. Kegiatan ini Polres Ciamis bersinergi dengan Anggota Koramil 1319/Kalipucang dan Satpol PP Kabupaten Pangandaran.

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Kalipucang AKP Juameli, dan Kapolsek Padaherang Iptu Aan Supriatna serta Sekdis Satpol PP Kabupaten Pangandaran Bangi.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana menegaskan, penyekatan yang melibatkan personel Polres Ciamis dan TNI serta pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Sebab diketahui saat akhir pekan lokasi objek wisata khususnya Pantai Pangandaran menjadi tujuan berwisata warga masyarakat dari luar Kabupaten Pangandaran.

"Sehingga diperlukan pengetatan agar tidak menimbulkan kerumunan dan menjadi klaster penyebaran Covid-19," kata Hendria kepada POSKOTAJABAR, Sabtu (30/01/2021).

 

Menurutnya, pelaksanaan penyekatan ini sesuai dengan instruksi Bupati No.1 Tahun 2021 guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19. 

"Sebab itu upaya kita bersama memutus rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Dalam penyekatan tersebut, kata Hendria, petugas dilapangan melakukan pengecekan surat keterangan hasil rapid tes para wisatawan dari dalam maupun luar Pangandaran, sebagai tanda bukti tidak ada gejala terpapar Covid-19. 

"Apabila tidak bisa menunjukan surat tersebut maka akan diminta untuk membalik arah atau melaksanakan rapid tes terlebih dahulu," tegasnya.



Selain itu, sambungnya, petugas juga menyampaikan imbauan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan menghindari kerumunan). 

"Pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan masker gratis kepada pengendara baik wisatawan dari luar maupun dalam Kabupaten Pangandaran," tukasnya. (dry)





Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait