Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Yang Sering Terjadi

Kesehatan —Minggu, 31 Jan 2021 09:28
    Bagikan:  
Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Yang  Sering Terjadi
rambut rontok, foto. infobekasi.co

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Kurangnya nutrisi pada kulit kepala dan kesalahan dalam memilih shampo adalah dua diantaranya. Namun, secara umum kerontokan rambut jelas didukung karena rapuhnya akar rambut pada kulit kepala. Ada beragam masalah penyebab rambut rontok, mulai dari masalah kekurangan vitamin, stres hingga faktor usia. Rambut rontok bisa terjadi pada pria maupun wanita. Selain itu, ada beberapa penyebab rambut rontok lainnya, misalnya kesalahan dalam merawat dan menata rambut, menopause, kehamilan, hingga efek samping obat-obatan tertentu, seperti kemoterapi dan pil KB.

 

Berikut penyebab rambut rontok yang sering dialami banyak orang yaitu                                                                                                                                                  

Stress 

Rontoknya rambut ini disebabkan oleh stres yang memicu bagian rambut yang sedang tumbuh terpaksa mengalami siklus telogen atau fase istirahat. Hal ini kemudian membuat akar rumput lemah. Stres berat seperti kematian, perceraian, kehilangan pekerjaan, atau pasca operasi, diketahui dapat menyebabkan rambut berjatuhan semakin parah. Oleh sebab itu, jika mengalami stres berlebih dan rontok yang melebihi batas normal yaitu di atas 100 helai per hari, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan ahlinya.


BACA JUGA : Ramalan Zodiak Besok Senin 1 Februari 2021, Scorpio Sedikit Rumit, Leo Berfikir Positif

 

Kurang asupan protein.

 Protein sangat penting untuk kesehatan rambut karena dapat memicu produksi kolagen, di mana dalam setiap helai rambut terdiri dari serat-serat kolagen. Tanpa protein yang cukup, rambut akan mudah patah, kering, dan kusam. Kekurangan protein sendiri bisa diakibatkan oleh diet tanpa protein maupun rendah protein, atau orang yang memiliki kebiasaan makan tidak normal, sehingga menderita kekurangan asupan protein. Selama proses kekurangan protein, laju pertumbuhan rambut Anda melambat dan semakin banyak folikel rambut yang memasuki fase istirahat. Rambut yang tersisa akan menjadi lebih pendek dan berkurang jumlahnya, atau menipis.

 

                                                                                                                                                                                                                                                   

 Faktor keturunan

Faktor penyebab masalah rambut rontok juga bisa saja diakibatkan oleh faktor keturunan. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diturunkan pada anak-anak.

Terkadang ditemukan juga penipisan bahkan kebotakan pada bagian tengah kepala.

Sedangkan pada wanita, rambut rontok secara merata di seluruh bagian kepala secara signifikan, dan biasanya garis rambut akan semakin melebar dan jarang.

 

BACA JUGA : 8 Aktifitas yang Menyenangkan Saat Akhir Pekan di Rumah

 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait