Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Kesehatan —Minggu, 31 Jan 2021 10:37
    Bagikan:  
Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami
jerawat, foto, fimela.com

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah suatu penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Biasanya, jerawat muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih, sel kulit mati, kotoran, dan sebagainya.

Banyak faktor penyebab juga membuat jerawat yang timbul pada wajah atau tubuh kita berbeda-beda bentuknya. Karena itu, cara mengatasi jerawat juga harus disesuaikan agar masalah bisa teratasi secara tepat. Penyebab jerawat juga karena Produksi minyak jerawat (sebum) yang berlebihan Pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.

Ada beberapa cara mengatasi masalah jerawat secara alami yaitu :

1.Lidah Buaya

1.Lidah buaya banyak mengandung hormon yang dinamakan giberelin dan      polisakarida dan bertindak sebagai agen anti-bakteri yang berfungsi untuk membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Ambilah daun lidah buaya yang masih segar dan remas-remas untuk mengekstrak gelnya.

2.Untuk hasil ekstrak yang lebih sempurna, haluskan gel tersebut dengan blender.

3.Tambahkan beberapa tetes ekstrak lemon atau jeruk nipis.

4.aduk kembali agar dapat tercampur dengan baik.

5.Masukkan ramuan tersebut ke dalam lemari es.

Terapkan lotion lidah buaya tersebut pada wajah sebagai masker setiap malam sebelum tidur. Diamkan masker tersebut selama semalam, lalu bersihkan wajah dengan air bersih keesokan paginya.

BACA JUGA : Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Yang Sering Terjadi

2.Kunyit

Selain untuk mengobati jerawat kunyit juga digunakan oleh Orang tua pada jaman dahulu selalu menggunakan kunyit untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan seperti masuk angin, sakit perut, nyeri haid, cedera, kelelahan dan berbagai jenis masalah lain. kunyit penuh dengan sifat antibakteri, anti-inflamasi dan memiliki efek terapeutik pada kulit. Ini mengandung komponen aktif yang kuat, curcumin dan polifenol yang membantu

memerangi jerawat, menyembuhkan kulit dan menenangkan kulit yang meradang.

1 Campurkan susu, bubuk almond, dan sedikit kunyit campurkan semua bahan sampai     menghasilkan pasta. Jika terlalu tebal, kamu dapat menambahkan susu lagi.
2. Oleskan secara merata pada kulit yang sudah dibersihkan, aplikasikan pada wajah kamu secara menyeluruh biarkan selama 15-20 menit.
3. Bersihkan dengan kain bersih dan hangat. Akhiri dengan percikan air dingin.   Lembapkan dengan krim pelembap setelahnya.
4. Ulangi seminggu sekali secara rutin supaya hasilnya lebih maksimal.

 

3. Madu

Salah satu kandungan di dalam madu yang sangat berperan dalam menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah senyawa peroksida. Senyawa ini memiliki sifat sebagai osmosis yang nantinya akan menyerap kandungan air yang terdapat pada luka akibat jerawat. Senyawa ini juga dapat membunuh bakteri sehingga infeksi pada jerawat anda dapat di cegah.

Sediakan bahan-bahan berikut :

  1. Sdm madu
  2. 1 putih telur
  3. Tepung maizena ( ¼ cangkir )

 

Caranya :

1.Masukan madu, gliserin dan putih telur dalam mangkuk, kemudian aduk.

2.Tambahkan tepung dan aduk rata, sampai menjadi pasta.

3.Oleskan ke wajah dan leher dengan Gerakan halus.

4.Biarkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait