Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Tetap Bersih dan Sehat

Kesehatan —Minggu, 31 Jan 2021 13:44
    Bagikan:  
Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Tetap Bersih dan Sehat
Foto Sania

POSKOTAJABAR, BANDUNG 

Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling penting bagi semua orang. Untuk itu kita dianjurkan agar menjaga kebersihan kulit wajah agar terhindar dari kerusakan akibat polusi udara, jerawat, komedo dan penuan dini. Namun, terdapat perbedaan antara kulit wanita dan pria. Perbedaan kulit wajah pria dan wanita yang pertama bisa dilihat dari pori-pori. Kulit pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi minyak lebih banyak. Oleh karena itu, pria rentan memiliki jerawat, apalagi jika tidak cuci wajah secara teratur, terutama setelah aktivitas di luar ruangan.

Produksi kelenjar minyak pria cenderung lebih banyak dibandingkan wanita. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal, yaitu hormon testosteron.

Struktur dan jenis kulit wajah yang dimiliki seseorang ditentukan oleh beberapa faktor, yakni:

  • Kandungan air pada kulit yang akan memengaruhi elastisitas kulit
  • Kandungan minyak yang memengaruhi kelembutan dan nutrisi kulit
  • Tingkat kepekaan kulit terhadap zat atau bahan tertentu

Berikut cara merawat kulit wajah secara alami agar tetap bersih dan sehat yaitu :

Kunyit

Siapkan 2 – 3 rimpang kunyit, kemudian bersihkan serta kupas kulitnya. Potonglah menjadi kecil-kecil, haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Jangan lupa mencampurkannya dengan sedikit air sehingga berbentuk seperti pasta, kalian tidak perlu menambahkan bahan lainnya. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan kulit tubuh serta wajah kalian. Jangan lupa untuk membersihkan tubuh serta wajah kalian terlebih dulu agar bisa menyerap maksimal. Tunggu hingga mengering kemudian bilaslah dengan air bersih.

BACA JUGA 8 Makanan Penyebab Asam Lambung, Wajib Kamu Hindari!

Ketimun

Giling satu sendok makan gandum dan campurkan dengan parutan mentimun. Kemudian tambahkan 2 sendok makan buttermilk dan jus lemon untuk membuatnya menjadi pasta.  Oleskan face pack ketimun ini pada wajah selama 15 menit dan setelah itu cuci bersih dengan air hangat.



 

 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait