8 Tips Meredakan Rasa Sakit saat Haid Secara Alami

Kesehatan —Minggu, 31 Jan 2021 13:58
    Bagikan:  
8 Tips Meredakan Rasa Sakit saat Haid Secara Alami
Ilustrasi ( sakit Saat Haid , Poskota Jabar )

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Selama menstruasi, otot-otot rahim wanita akan berkontraksi untuk membantu melepaskan lapisan pembuluh darah yang menumpuk. Pada kondisi ini, wanita terkadang akan mengalami kram perut, yang merupakan tanda otot rahim sedang bekerja. Rasa tidak nyaman di sekitar perut saat wanita sedang menstruasi memang hal yang umum, tapi terkadang Rasa sakit itu membuat sebagian wanita tidak nyaman bahkan sampai ada yang pingsan.

Adanya peluruhan dinding rahim saat haid mampu memicu kontraksi. Kontraksi menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Akibatnya, jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menimbulkan rasa nyeri saat haid.

Selain akibat proses peluruhan dinding rahim, ada beberapa faktor yang membuat seorang wanita rentan mengalami nyeri haid. Di antaranya adalah wanita yang memiliki volume haid lebih banyak, menstruasi pertama sebelum usia 11 tahun, mengalam obesitas., belum pernah hamil, serta sering mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Saat merasakan nyeri haid yang tidak tertahankan, tidak sedikit wanita yang membutuhkan obat untuk meredakannya. Selain obat-obatan, sebenarnya masih banyak perawatan rumahan lain yang bisa dilakukan.berikut 8 Tips Meredakan Rasa Sakit saat Haid Secara Alami menurut Poskota Jabar

BACA JUGA : Rekayasa Penculikan Mahasiswi Unsika Terungkap Pihak Kepolisian

  1. Gunakan Kompres Air Panas

TOKOPEDIA

Panas membantu otot rahim dan organ di sekitarnya rileks yang otomatis meredakan kram dan ketidaknyamanan. Panas yang dihantarkan ke perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram.Jika tidak memiliki botol air panas atau bantal pemanas, Anda bisa memilih untuk mandi air hangat atau gunakan handuk panas.

  1. Menjaga Pola Makan

unsplash

Saat menstruasi, sebaiknya wanita menghindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Jangan lupa pula untuk memenuhi asupan cairan dengan minum air putih, kaldu dari sup atau teh herbal agar tubuh tetap terhidrasi. Alasannya, dehidrasi nyatanya menjadi penyebab umum terjadinya kram otot. kamu sebaiknya menghindari minuman maupun makanan yang mengandung kafein karena dapat meningkatkan efek dehidrasi.

  1. Olahraga Ringan

unsplash

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga efektif dalam mengurangi nyeri haid dan bahkan dapat menghilangkan atau mengurangi kebutuhan akan obat pereda nyeri. Olahraga berat mungkin tidak dianjurkan saat kamu merasa kesakitan, tetapi peregangan ringan, berjalan-jalan atau melakukan yoga akan membantu. Melalui olahraga, kamu akan melepaskan endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami.

  1. Konsumsi Kunyit

halodoc

Kunyit diyakini ampuh mengatasi rasa nyeri berupa kram perut, karena kandungan kurkuminnya bisa menghambat produksi prostaglandin berlebih yang ada dalam Rahim. Namun, konsumsi kunyit atau olahan kunyit terlalu banyak sebagai obat nyeri haid juga tidak dianjurkan karena berisiko terserang sakit mag dan sakit perut.

BACA JUGA :Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran Bubarkan Acara Hiburan Diduga Rombongan Wagub Jabar


 5.   Mengoleskan Minyak esensial

Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan pada titik-titik tertentu seperti di sekitar perut, bagian perut samping, dan punggung.
Kelompok yang menggunakan minyak esensial mengalami penurunan jumlah dan durasi nyeri yang signifikan. Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang menggunakan minyak esensial merasa lebih lega dari kram menstruasi daripada kelompok yang hanya menggunakan minyak pembawa. Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa menambahkan beberapa tetes setidaknya satu dari minyak esensial ini ke minyak pembawa untuk memijat perut.

    6.   Akupunktur

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan di PLOS One menunjukkan, akupunktur mampu meredakan kram menstruasi. Selain dapat mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini dapat mengurangi peradangan dan membantu wanita lebih rileks.

   

    7.   Kunsumsi Kalsium

unsplash

Kalsium adalah mineral yang dapat membantu mengurangi kram otot saat haid. Beberapa makananan yang mengandung kalsium tinggi, meliputi: Produk susu Biji wijen Kacang almond Sayuran berdaun hijau


  1. Minum teh herbal

unsplash

Teh herbal memiliki khasiat anti inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot pada rahim yang menyebabkan kram. Minum teh kamomil, adas, atau jahe adalah cara mudah dan alami untuk meredakan kram menstruasi. Ditambah lagi, teh herbal dapat memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia. ( RNY )

BACA JUGA : PSSI Akan Melakukan Penyetaraan Lisensi Pelatih Nasional







Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait