CEO Bio Farma Mencalonkan Diri Menjadi Ketua Umum IA-ITB

Jawa Barat —Minggu, 31 Jan 2021 17:24
    Bagikan:  
CEO Bio Farma Mencalonkan Diri Menjadi Ketua Umum IA-ITB
CEO Bio Farma, Honesti Basyir, mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) periode 2021-2025. (Ist.)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

CEO Bio Farma, Honesti Basyir atau yang akrab disapa Ones, mencalonkan diri menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) periode 2021-2025. Sudah berkiprah 30 tahun di BUMN, Ones menyebut pencalonan ini sebagai bentuk panggilan untuk bisa berkontribusi lebih kepada almamater. Ones dan timnya sudah mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran calon ketua umum IA-ITB kepada panitia pemilihan, belum lama ini.

“Bagi saya ini panggilan. Saya sudah hampir 30 tahun pengalaman di BUMN dan saya juga melihat pandemi  Covis-19 ini pembelajaran satu tahun terakhir bahwa pentingnya kolaborasi dan pentingnya harmonisasi semua elemen,” ungkap alumni Teknik Industri ITB angkatan 87 ini.

Selama berkiprah di BUMN, pria dengan pembawaan santai dan bersahabat ini, sudah berkontribusi untuk ITB lewat dukungan-dukungan sejumlah kegiatan. Namun, ia ingin memberikan pengabdian lebih bagi almamaternya. 

"Ada keinginan, ada panggilan kapan bisa berkontribusi lebih untuk almamater. Bagaimana saya bisa berkontribusi secara pemikiran dan tenaga. Ikatan Alumni ITB ini memiliki potensi yang sangat strategis kalau kita bicara dalam konteks negara Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA:  PSSI Akan Melakukan Penyetaraan Lisensi Pelatih Nasional

Lantas, nafas apa yang akan dibawa Ones untuk IA-ITB?

“Saya membayangkan Ikatan Alumni ITB itu seperti rumah. Rumah itu sudah ada, rumah itu perlu kita percantik. Sudah banyak anggotanya, adik-adik alumni kita, adik-adik milennial, mereka itu setiap tahun bertambah. Pertanyaanya, apakah rumah itu bisa mengakomodir semua kepentingan mereka? Nah, itulah konsep Rumah Bersama ini akan menjadi bagian bagian dari program,” kata Ones.

“Bayangkan sebuah rumah ada ruang-ruang. Nah, ruang-ruang itulah nanti akan menjadi bagian dari kolaborasi kita. Kenapa? Karena memang kata kuncinya ada kolaborasi, kolaborasi akan menciptakan harmoni. ITB punya tagline “In Harmonia Progressio”. Harmoni dulu, baru ada kemajuan. Ini akan menjadi misi saya bagaimana membuat semua elemen ikatan alumni itu bisa guyub, mereka bisa kolaborasi bersama. Sehingga, nanti kita bisa mengeksekusi berbagai macam program,” jelasnya.

Untuk program, lanjut Ones, bagaimana lebih mempererat keguyuban alumni ITB lintas fakultas. Sehingga, memberikan manfaat secara umum bagi bangsa Indonesia. “Bagaimana kita bisa menyatukan semua alumni ITB yang sudah mumpuni di bidangnya, itu bisa menjadi semacam mentor, role model bagi adik-adik milenial. Diberikan coaching, dikasih akses ke industri, pendanaan, sehingga nanti kita bisa melihat adik-adik itu ada yang menjadi aset bangsa,” tutur Ones.

“Juga nanti dengan komunitas-komunitas yang ada di ITB. ITB makin banyak komunitasnya, ini modal. Ada komunitas hobby seperti Komunitas Musik ITB (ITB), Komunitas Lari seperti G-10 dan grup-grup lari lainnya, komunitas sepeda seperti Lintang, Laju, dll, juga komunitas yang penuh riang gembira seperti Alumni ITB Garis Lucu (AIGL), termasuk komunitas-komunitas kedaerahan seperti Gajatoba dan Minang, dll., ITBMotherhood dan masih banyak lagi. Ini modal untuk mengisi rumah itu agar penuh warna tapi dengan konteks yang sangat guyub. Ini modal awal untuk sebuah harmoni tadi,” tandasnya.

BACA JUGA:  Satgas Covid-19 Kecamatan Pangandaran Bubarkan Acara Hiburan Diduga Rombongan Wagub Jabar

Prestasi Ones

Ones adalah seorang teknokrat, ekonom dan profesional Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Bio Farma (Holding Farmasi BUMN). Ones mendapatkan gelar sarjana Teknik Industri ITB, kemudian melanjutkan studi Magister Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom, Bandung, Jawa Barat.

Pria kelahiran Padang, Sumatera Barat, pada 24 Juni 1968 ini pernah menduduki berbagai posisi, mulai dari Direktur Utama Kimia Farma, Direktur Keuangan PT Telkom Indonesia, Direktur Wholesale and International Service PT Telkom Indonesia, Vice President Strategic Business Development Direktorat IT Solution & Strategic Portfolio Telkom, dan jabatan lainnya.

Berbagai penghargaan pun pernah diraihnya selama berkarir, baik secara lembaga maupun penghargaan personal. Terbaru, ia didaulat sebagai Marketeer of The Year 2020 oleh MarkPlus Inc karena Ones dinilai mampu membawa Bio Farma menjadi perusahaan yang dipercaya oleh World Health Organization (WHO) untuk mendapatkan izin emergency use vaksin polio dalam waktu singkat. Reputasi ini juga yang mendorong Bio Farma kembali mengajukan izin emergency use untuk vaksin Covid-19. Selain itu, Bio Farma menjadi salah satu dari sedikit perusahaan yang lolos audit Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) untuk memproduksi vaksin Covid-19. (nang's)

Editor: Setiawan
    Bagikan: