Warga Maruyungsari Kabupaten Pangandaran Ketakutan Tanggul Jebol

Jawa Barat —Minggu, 31 Jan 2021 18:18
    Bagikan:  
Warga Maruyungsari Kabupaten  Pangandaran Ketakutan Tanggul  Jebol
Kondisi tanggul di jalur sungai Citanduy yang terancam jebol dan sudah ditumpuki karung berisikan tanah (foto: ist)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.

Hujan deras yang terus menerus mengguyur di beberapa wilayah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menyebabkan tanggul di jalur sungai Citanduy terancam jebol.

Seorang Relawan Tagana Kabupaten Pangandaran, Aceng Atin menyebutkan,  saat ini warga merasa ketakutan dengan kondisi tanggul Cilisung dua yang sudah jebol.

"Tanggul jalur sungai Citanduy yang jebol sudah ada lima titik, ini sangat membahayakan dan masyarakat sangat cemas," ujar Aceng kepada wartawan, Minggu (31/01/2021).

Kata dia, keberadaan tanggul yang jebol tersebut berada pada perbatasan desa dan perbatasan Kecamatan Padaherang dengan Kecamatan Mangunjaya.

"Lokasi tepatnya berada di Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya, namun, jika jebol yang akan terdampak warga satu Desa yang berada di Desa Maruyungsari, Kecamatan Padaherang," katanya.


Aceng mengungkapkan, pernah ada penanganan normalisasi sungai tersebut, namun tidak tepat sasaran lantaran hanya mengeruk badan sungai.

"Setelah dikeruk, ketinggian dataran air pada permukaan sungai tetap saja seperti sebelum dikeruk," cetusnya.

Menurut dia, harusnya penanganan yang diinginkan oleh masyarakat adalah dengan cara memperbaiki tanggulnya supaya kuat disaat musim hujan dan air sedang besar.

"Warga yang berada di daerah lokasi tersebut setiap tahun mengalami hal serupa, bahkan areal pertanian sawah juga terancam terendam," sebutnya.


Untuk upaya pencegahan banjir dampak tanggul jebol, sambung dia, masyarakat secara gotongroyong menutup tanggul yang jebol menggunakan karung berisikan tanah.

"Namun setelah ditimbun karung berisikan tanah air tetap saja rembes dan kondisinya sangat membahayakan," tandasnya. (dry)


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait