Nelayan Kecipratan Rezeki Jadi Pemasok Air Minum Kru Kapal Sandar di Area Pelabuhan Patimban

Jawa Barat —Senin, 1 Feb 2021 11:11
    Bagikan:  
Nelayan  Kecipratan Rezeki Jadi Pemasok Air Minum Kru Kapal Sandar di Area Pelabuhan Patimban
Kapal nelayan pulang berlayar setelah memasok air minum ke kapal besar menggunakan puluhan galon. (foto:Yan)


POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Keberadaan kapal-kapal berukuran relatif besar yang tengah sandar di  sekitar area  Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang setiap saat membutuhkan  air minum atau air bersih untuk keperluan kru kapal. 

Hal ini membuka pintu usaha bagi warga atau nelayan di daerah perbatasan seperti di Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu atau Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang sebagai pemasok air minum.

Warga atau nelayan mendapat kesempatan memasok kebutuhan air minum  untuk memenuhi keperluan sehari-hari kru kapal besar yang sedang sandar.  

Kebetulan, posisi kapal-kapal besar itu tidak terlalu jauh dari pantai Desa Ujunggebang atau Desa Patimban sehingga warga atau nelayan dapat dengan mudah menjangkaunya ke sana. 

BACA JUGA :  Rekayasa Penculikan Mahasiswi Unsika Terungkap Pihak Kepolisian


Beberapa kapal nelayan yang biasa digunakan mencari ikan, rajungan atau cumi-cumi, saat tidak melaut dimanfaatkan mengangkut puluhan galon air minum guna memenuhi kebutuhan sehari-hari kru yang tengah bekerja di kapal.

“Kebutuhan air minum untuk kru kapal itu dipasok dari wilayah Desa Ujunggebang atau Desa Patimban menggunakan galon yang dinaikkan ke atas kapal nelayan,” ujar seorang lelaki yang biasa disapa Pak Kumis saat dijumpai di Desa Ujunggebang, Minggu (31/01/2021) sore.

 Kapal nelayan mengangkut puluhan galon air terlihat hilir mudik berlayar menuju kapal besar guna menurunkan galon air minum. Usai mengirim air minum, kapal nelayan itu balik kembali ke Desa Ujunggebang atau Desa Patimban melalui muara Kali Sewo.


BACA JUGA : Maling Dihakimi Massa Hingga Babak Belur Akhirnya Meninggal Dunia di Rumah Sakit


 Aktifitas kapal nelayan melayani kebutuhan air minum kru kapal besar secara rutin itu tentunya membuahkan rezeki bagi warga atau nelayan sekitar. 

“Alhamdulillah dengan banyaknya kapal di sekitar area Pelabuhan Patimban semakin membuka peluang usaha pemasok kebutuhan air minum,” ujarnya. (Yan)


BACA JUGA : Honorer Satpol PP Kabupaten Pangandaran Meninggal Dunia Lantaran Positif Covid-19


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait