Tak Netral dalam Pilkada 2020, Kasatpol PP Disidangkan di Pengadilan Negeri Kabupaten Tasikmalaya

Jawa Barat —Senin, 1 Feb 2021 17:31
    Bagikan:  
Tak Netral dalam Pilkada 2020, Kasatpol PP Disidangkan  di Pengadilan Negeri  Kabupaten Tasikmalaya
Ilustrasi sidang Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya. (foto:kris)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.

Terdakwa dugaan pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan Kasatpol-PP Kabupaten Tasikmalaya Iwan Ridwan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tasikmalaya, Senin (01/02/2021). 

Agenda persidangan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tasikmalaya akan menyampaikan dakwaan terhadap terdakwa yaitu pelanggaran Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. 

Pada pasal 188 dalam UU tersebut, terdakwa didakwa melanggar netralitas ASN pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Tasikmalaya dan diancam sanksi kurungan serta denda jika terbukti melanggar di meja hijau. 


Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya Rizal Sanusi mengatakan, dakwaan yang akan disampaikan JPU dari Kejari Kabupaten Tasikmalaya adalah pasal 188 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. 

Terang dia, terdakwa diduga melanggar netralitas ASN pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Tasikmalaya karena mengarahkan dengan memposting foto dan nomor urut salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati Tasikmalaya di Medsos Facebook. 

“Terdakwa diancam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada pasal 188 dengan ancaman hukuman kurungan penjara minimal satu bulan maksimal enam bulan dengan denda paling sedikit Rp 500 ribu paling banyak Rp 6 juta,” ujarnya

 “Selain itu, berkas dan barang bukti perkara dugaan pelanggaran netralitas ASN tersebut sudah diserahkan ke Pengadilan Negeri Tasikmalaya. Termasuk nanti keterangan saksi di persidangan,” terangnya.(Kris)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait