Seekor Buaya Muncul di Pantai Bayah

Jawa Barat —Senin, 1 Feb 2021 19:58
    Bagikan:  
Seekor Buaya Muncul di Pantai Bayah
Penampakan buaya di Pantai Bayah, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, terekam kamera. (ist)

POSKOTAJABAR, LEBAK. 

Seekor buaya muncul di Pantai Bayah, tepatnya di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Hal itu, tentu saja mengejutkan masyarakat Bayah, karena selama ini di Bayah tidak pernah ada buaya muncul. Padahal Bayah dilewati oleh dua sungai yaitu Sungai Cidikit dan Sunga Cimadur.

Keberadaan buaya tersebut, terlihat melalui video berdurasi 12 detik yang beredar di media sosial. Video penampakan buaya tersebut diketahui terekam oleh nelayan yang sedang memancing dan berada di sekitar Dermaga Bayah atau Dermaga Pabrik Semen. Dalam rekaman video tersebut, terlihat seekor buaya yang berukuran lumayan besar itu tengah berenang dengan bebas di perairan Pantai Bayah tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama, mengatakan, video penampakan buaya tersebut ternyata bukan video baru. Video yang sudah lama, namun kembali beredar. 

BACA JUGA:  Angka Positivity Rate Covid-19 Meningkat, Pemkot Bandung Bakal Perketat Pelaksanaan PSBB Proporsional

"Itu kalau tidak salah berita lama,  bukan sekarang-sekarang, " kata Febby ketika dikonfirmasi Pos Kota melalui telepon selulernya, Senin (01/02/2021).

Febby menjelaskan,  penampakan buaya yang terekam itu sendiri terjadi pada beberapa minggu lalu. Saat adanya penampakan buaya tersebut, para penggiat bencana di Bayah sempat mencari keberadaan buaya tersebut dengan menyusuri muara. Namun, buaya tersebut tidak ditemukan. 

"Sudah dengan teman-teman pegiat bencana di sana. Penampakannya hanya itu aja, karena waktu di susur, buaya itu tidak ketemu lagi, " jelasnya. 

Walaupun begitu, dirinya tetap mengimbau kepada warga untuk selalu waspada ketika berada di kawasan perairan pantai.

Karena selain adanya isu buaya muara tersebut, saat ini Kabupaten Lebak juga tengah memasuki puncak musim penghujan yang dapat berpotensi menyebabkan hujan lebat, angin kencang bahkan gelombang tinggi. "Tetap waspada karena saat ini Lebak tengah memasuki cuaca ekstrem," imbaunya. 

BACA JUGA:  Tak Netral dalam Pilkada 2020, Kasatpol PP Disidangkan di Pengadilan Negeri Kabupaten Tasikmalaya

Sementara itu, Erwin warga sekitar, mengatakan, buaya tersebut memang sering muncul disekitaran dermaga dan muara. "Buaya muncul di sekitar dermaga dan muara beberapa kali," ujar Erwin. 

Walaupun sering muncul,  namun tidak pernah ada laporan warga yang menjadi korban serangan buaya muara tersebut. Menurut kepercayaan, setempat itu buaya penunggu. (yusuf permana/kontributor/ruh)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait