Terdesak Kebutuhan, IRT Warga Singaparna Nekad Gelapkan Puluhan Motor Rental

Kriminal —Senin, 1 Feb 2021 21:00
    Bagikan:  
Terdesak Kebutuhan, IRT Warga Singaparna  Nekad Gelapkan Puluhan Motor Rental
Pelaku tertunduk lesu setelah diIntograsi pihak kepolisian. (foto:ist)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.
Polsek Indihiang  Polresta Tasikmalaya mengamankan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) berinisial AR (42) lantaran telah melakukan penipuan dan penggelapan sepeda motor dengan modus rental gadai.

Demikian ekspose Kapolsek Indihiang Polresta Tasikmalaya dalam Konfrensi Pers, Senin(01/02/2021). Kapolsek Indihiang, Kompol Didik Rohim Hadi mengatakan, tersangka AR , ini melakukan perentalan kendaraan kepada pemilik rental yang kemudian oleh tersangka kendaraan tersebut direntalkan kembali dan digadaikan.

Tersangka AR merental sepeda motor kepada korban pemilik rentalan bernama Heri (39) Warga Leuwi malang Bantar Kota Tasikmalaya sebesar Rp 20.000 per unit per hari, oleh tersangka kemudian direntalkan kembali ke orang lain sebesar Rp 25.000, sehingga tersangka dapat keuntungan Rp5.000 dari 1 unit motor.


Menurutnya, tersangka juga menggadaikan beberapa unit sepeda motor korban dengan uang gadai sebesar Rp. 2 juta per unit.
Setidaknya ada 12 unit sepeda motor yang digadaikan oleh tersangka dari 20 unit sepeda motor yang direntalnya.

"Kasus tersebut terungkap berawal dari kecurigaan korban terhadap tersangka lantaran uang rental selama 3 bulan terakhir tak kunjung dibayarkan. Kemudian korban mengetahui jika ada salah satu motornya yang telah digadaikan melaporkan ke pihak kami," ucapnya.


Sementara, itu tersangka AR yang tertunduk lesu setelah di intograsi pihak kepolisian.
Hasil merental dan mengadaikan kendaraan tersebut dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari," ucapnya

Sementara itu perbuatan pelaku dijerat Pasal 378 dan atau 372 jo 65 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan maksimal 4 Tahun penjara, paparnya.(Kris)




Editor: Suherlan
    Bagikan: