Tertutup Material Tanah Tebing yang Longsor, Akses Transportasi di Sidamulih Pangandaran Dialihkan Melalui Jalur Alternatif

Jawa Barat —Senin, 1 Feb 2021 21:35
    Bagikan:  
Tertutup Material Tanah Tebing yang Longsor, Akses Transportasi di Sidamulih Pangandaran Dialihkan Melalui Jalur Alternatif
Jajaran Kepolisian Polsek Sidamulih bersama anggota Koramil 1320 Pangandaran serta Pemerintah Kecamatan Sidamulih dan Desa Kersaratu saat meninjau lokasi bencana longsor di Dusun Cibodas (foto: ist)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN. 
Akses jalan utama Desa Kersaratu menuju Desa Kalijati tertutup material tanah longsor hingga mengakibatkan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas.

Camat Sidamulih Dedi Surahman mengatakan, longsor disebabkan curah hujan yang terjadi dibeberapa wilayah di Kabupaten Pangandaran.

"Kami mendapat laporan kejadian longsor tadi siang sekitar Pukul 14.55 WIB," ujarnya saat dihubungi POSKOTAJABAR, Senin (01/02/2021).

Kata dia, akibat tebing setinggi 10 meter dengan lebar 4 meter itu longsor berdampak pada akses transportasi yang harus dialihkan melalui jalur alternatif.

"Warga yang akan melintas ke Desa Kersaratu harus melalui jalur alternatif yakni jalur Panenjoan," katanya.

Menurut dia, material dampak dari longsoran tebing selebar 10 meter tersebut menutup jalan, sehingga butuh waktu untuk membuang sisa longsoran.

"Saat pembersihan material longsoran dijalan, dilokasi tebing masih menggenang air sisa hujan yang mengalir sehingga proses pembersihan material dilakukan secara ekstra hati-hati," terangnya.

 

 Sementara itu, Kapolsek Sidamulih Iptu Asep Setiawan Prayatna beserta beberapa personel Polsek Sidamulih mengecek langsung lokasi bencana dan ikut serta terlibat membersihkan material longsor.


"Ketika mendapat kabar bencana, saya beserta anggota meluncur kelokasi untuk melihat situasi dan kondisir. Dilokasi kami juga bekerja sama dengan para relawan kebencanaan membersihkan material longsor yang menutupi jalan penghubung dua desa," ungkapnya.

Asep menjelaskan, evakuasi membersihkan material longsor pada hari ini berjalan lancar dan aman. 

"Setelah sebagian material longsoran disingkirkan, untuk sementara sudah bisa di lalui oleh Kendaraan roda dua namun  untuk roda empat masih belum bisa melewati, dikarenakan material longsoran tanah tersebut harus di bersihkan oleh alat berat," pungkasnya. (dry)





Editor: Suherlan
    Bagikan: