Masyarakat Khawatir, Dua Lokasi Tanggul Sungai Cimanuk Longsor Sedalam 7 Meter

Jawa Barat —Selasa, 2 Feb 2021 17:32
    Bagikan:  
Masyarakat Khawatir,  Dua Lokasi  Tanggul Sungai Cimanuk Longsor Sedalam 7 Meter
Kapolsek Sukagumiwang Kompol Lindon bersama anggota Koramil, Perangkat Desa dan warga mengatasi secara darurat pada dua titik tanggul sungai Cimanuk longsor. (foto:Yan)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Masyarakat Desa Gunungsari, Kecamatan Sukagumiwang, Indramayu, Jawa Barat akhir-akhir ini diliputi rasa khawatir,  lantaran tanggul Sungai Cimanuk longsor di dua lokasi,  sehingga dampaknya bisa membahayakan warga. Terutama jika debit air Sungai Cimanuk naik bisa menjebol tanggul kritis yang longsor itu.

Dua lokasi tanggul Sungai Cimanuk yang longsor itu berada di Blok Desa RT.02/RW.01 Desa Gunungsari, Kecamatan Sukagumiwang. Titik pertama tanggul sungai Cimanuk  longsor sepanjang kurang lebih 4 meter dengan kedalaman 7 meter jarak dengan permukiman warga sekitar 6 meter.

Sedangkan titik kedua tanggul sungai Cimanuk longsor sepanjang 3 meter dengan kedalaman 7 meter berjarak sekitar 5 meter dari permukiman warga. Warga khawatir terjadi longsor susulan pada tanggul sungai Cimanuk yang keadaannya sudah kritis itu.

Salah seorang warga Carwa, 43 berharap kepada pemerintah agar segera memperbaiki dua titik tanggul sungai Cimanuk longsor. Hal itu perlu dilakukan sebelum debit air sungai Cimanuk naik kemudian bisa menjebol sisa tanah pada tanggul yang longsor itu.

BACA JUGA :BPBD Siapkan Rumah Tesa untuk Warga Kota Sukabumi yang Terdampak Bencana

 

Lurah Desa Gunungsari,  Imam, 47 mengemukakan, longsornya tanggul sungai Cimanuk di Desa Gunungsari Blok Desa terjadi pada hari Selasa  (02/02/2021) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB.

Kapolsek Sukagumiwang Kompol Lindon melalui Kasubbag Humas Polres Indramayu AKP Budiyanto menjelaskan, ketika longsor itu terjadi di sekitar lokasi kejadian turun tengah hujan deras.

 

BACA JUGA : Tujuh Orang Wisatawan Curug Bojong Pangandaran Dikabarkan Terjebak Banjir, Satu Orang Balita


Diperkirakan longsornya tanggul sungai Cimanuk itu diakibatkan pengaruh adanya saluran air pembuang yang lokasinya memang berdekatan  dengan tanggul sungai Cimanuk yang longsor.  (Yan)


BACA JUGA :Pemkot Bandung Menindaklanjuti Wacana Karantina Wilayah Hingga ke Tingkat RW dan 


Editor: Suherlan
    Bagikan: