Viral Guru Olahraga ini Senam dengan Latar Belakang Kudeta Myanmar dan 'Ampun Bang Jago'

Gaya Hidup —Selasa, 2 Feb 2021 17:51
    Bagikan:  
Viral Guru Olahraga ini Senam dengan Latar Belakang Kudeta Myanmar dan 'Ampun Bang Jago'
Guru olahraga merekam video kebugaran itu, tidak menyadari kudeta militer yang terjadi di belakangnya. foto ist

POSKOTAJABAR, MYANMAR

Jagat internet dihebohkan oleh unggahan seorang guru olahraga yang merekam dirinya saat konvoi kudeta militer menuju gedung parlemen Myanmar.  Guru terlihat menari mengikuti musik 'Ampun Bang Jago' yang ceria, tampaknya tidak menyadari pengambilalihan militer sedang berlangsung tepat di belakangnya.

BACA JUGA : BPBD Siapkan Rumah Tesa untuk Warga Kota Sukabumi yang Terdampak Bencana

Lagu Ampun Bang Jago menjadi tranding di Twitter dengan total 15,1 ribu twits. Bersamaan dengan trending Myanmar dan Kudeta.


Dikutip dari Newslatter, saat konvoi militer bergegas menuju jalan tentara yang telah membuat penghalang jalan ke parlemen Myanmar, tanpa disadari tertangkap kamera oleh seorang guru olahraga.

Rekaman itu awalnya diposting ke Facebook oleh Khing Hnin Wai, seorang guru olahraga di Kementerian Pendidikan yang secara teratur memposting video latihan dari lokasi yang sama di Naypyidaw. Video tersebut telah diverifikasi oleh Storyful.

BACA JUGA : 8 Makanan yang Efektif Menanggkal Asam Lambung

Rekaman kudeta tersebut mengejutkan pemirsa media sosial, setelah telepon dan internet di ibu kota Naypyidaw dan Yangon terganggu dan TV pemerintah mati setelah para pemimpin dari partai NLD ditahan.

Seolah tidak perduli dengan kesibukan militer Myanmar, Khing Hnin Wai tetap asyik berolah raga saat kendaraan militer melaju menuju jalan parlemen Myanmar yang diblokade di belakangnya.

"Nah, musik/lagu dan latarnya pasti saling melengkapi. Sebelum saya tahu tentang berita ini di pagi hari, saya melakukan hal yang biasa saya lakukan dan merekam video untuk sebuah kompetisi. Saya kira video ini sekarang adalah kenang-kenangan kecil saya! Saat saya menari, helikopter melaju kencang, mobil melaju ke vroom-vroom. Dengan semua senjata, saya pikir seseorang sedang membidik saya dari kejauhan. Kepala polisi hanya tersenyum dan melihat saya, bahkan bertanya kepada saya jika saya akan pulang dan mengucapkan selamat tinggal. Harap jangan mengcopy dan paste video saya!" seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (2/2/2021).

Apa yang dikatakan oleh Khing Hnin Wai mungkin benar adanya. Lagu 'Ampun Bang Jago' merupakan sindiran terhadap orang yang merasa dirinya jagoan itu seolah begitu pas untuk menggambarkan apa yang terjadi di Myanmar saat ini.

BACA JUGA : Tujuh Orang Wisatawan Curug Bojong Pangandaran Dikabarkan Terjebak Banjir, Satu Orang Balita

Ketegangan di Myanmar berada pada titik tertinggi sepanjang masa, setelah militer negara itu merebut kekuasaan dalam kudeta pagi hari Senin, menahan pemimpin yang terpilih secara demokratis Aung San Suu Kyi dan anggota senior pemerintah lainnya.

Partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), meraih kemenangan telak dalam pemilihan November di negara itu, memenangkan lebih dari 80 persen suara.

Kudeta militer terjadi ketika parlemen baru negara itu akan bertemu untuk pertama kalinya, dengan para jenderal membenarkan perebutan kekuasaan dengan menuduh kecurangan pemilu yang meluas, yang mengakibatkan tentara memberlakukan keadaan darurat selama satu tahun.

BACA JUGA : Sebanyak 75 Tenaga Medis di Puskesmas Padaherang Kabupaten Pangandaran di Suntik Vaksin

Pasukan berbaris di jalan-jalan di pusat komersial Yangon ketika penduduk bergegas menimbun persediaan dari pasar dan lainnya yang terhubung di ATM untuk menarik uang tunai, sebelum bank menghentikan layanan karena koneksi internet yang buruk.

Kudeta telah memicu kemarahan internasional, dengan banyak pemimpin dunia mengutuk militer Myanmar dan menyerukan pembebasan Suu Kyi dan pejabat lainnya yang ditahan. (RIN)

Editor: Ririn
    Bagikan:  


Berita Terkait