Sungai Ciputrahaji dan Cikaso Ciamis Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

Jawa Barat —Selasa, 2 Feb 2021 18:10
    Bagikan:  
Sungai Ciputrahaji dan Cikaso Ciamis Meluap, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir
Kondisi banjir yang disebabkan meluapnya sungai Ciputrahaji dan Cikaso di Kecamatan Banjarsari Ciamis (foto: ist)
POSKOTAJABAR,CIAMIS.
Tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Banjaranyar dan Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengakibatkan debit air di dua Sungai meluap.

Meluapnya debit air di Sungai Ciputrahaji dan Cikaso lantaran tidak kuat menampung air hujan yang mengguyur sejak Selasa (02/02/2021) sekira pukul 14.30 WIB.

Salah seorang warga Dusun Karangsari RT 05/01 Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar Saimin mengatakan, meluapnya air dari kedua sungai mengakibatkan puluhan rumah warga mulai terendam banjir.

"Kami mulai merasa cemas lantaran hujan tak kunjung reda, bahkan warga lainnya juga mulai panik saat melihat air dibelakang rumah mulai naik," ujarnya kepada wartawan, Selasa (02/02/2021).

Kata dia, saat ini ketinggian air di pemukiman rumah warga sudah mencapai kurang lebih 30 centimeter.

"Di dusun sini saja sekarang sudah puluhan rumah yang teredam air, saya juga sudah mulai mengemas barang-barang serta menaikannya ke atas meja khawatir air terus meninggi," terangnya.


Saimin berharap, hujan cepat reda dan air banjir yang masuk kepemukiman rumah warga segera surut sehingga masyarakat bisa merasa tenang. 

"Semoga saja hujannya cepat segera reda dan banjir cepat surut," harap Saimin.



Pantauan wartawan dilapangan, banjir selain merendam sebagian wilayah Desa Cikaso, luapan air sungai Ciputrahaji juga merendam Dusun Pongporang, Desa Sindangrasa dan Dusun Purwasari di Desa Cigayam yang secara keseluruhan berada di wilayah Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. (dry)


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait