Apa Saja Keutamaan Sholat Tahajud?

Pendidikan —Rabu, 3 Feb 2021 01:10
    Bagikan:  
Apa Saja Keutamaan Sholat Tahajud?
foto, blogspot.com

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Shalat tahajud adalah salat sunnat yang dikerjakan di malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Shalat tahajud merupakan shalat sunah. Jadi, apabila kita tidak mengerjakannya maka kita tidak akan berdosa, tetapi alangkah baiknya kita mengerjakan shalat yang satu ini karena didalam shalat ini terdapat banyak sekali keutamaan serta keistimewaannya. Seperti terdapat dalam Al- quran ” Dan pada sebagian Malam hari bersembahyang Tahajud’lah km sebagai suatu ibadah tambahan bagi km, mudah-mudahan Tuhan’mu mengangkat km ke tempat yg terpuji (QS. Al Isra, Ayat : 79) ”. (QS. Al Isra Ayat 79).

Apa saja keutaman sholat tahajud? Berikut penjelasannya

 

1.Sholat Sunnah Paling Utama

Sholat tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan sholat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah: “ Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)                                                             

BACA JUGA : Jaga Keselamatan dari Covid-19, Kabupaten Indramayu Tetap Berlakukan Belajar Sistem Daring

2.Doa yang dipanjatkan akan dikabulkan

Sholat tahajud yang dilaksanakan pada malam yang hening akan membuat sholat dan berdoa menjadi semakin khusyuk. Sholat Tahajjud adalah Sholat sunnah, atau tidak wajib. Disebut sebagai ibadah tambahan karena bukan menjadi Sholat Fardhu 5 waktu. Meski demikian, kedudukannya sangat tinggi. Karena pada saat-saat tersebut. Merupakan saat yang utama, karena waktu sepertiga malam adalah waktu mustajab doa dikabulkan.

Allah Ta'ala berfirman,“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman(syurga) dan mata air-mata air, sambil menerima segala pemberian Rabb mereka.Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan selalu memohonkanampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” (QS. Adz Dzariyat: 15 18).

3.Kebiasaan Orang Shalih

Sholat ini merupakan kebiasaan orang-orang shalih terdahulu. Maka siapa yang saat ini senantiasa mengerjakannya, maka ia pun tercatat sebagai orang-orang yang shalih sebagaimana mereka.  “ Biasakanlah dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang shalih sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

Nabi saw bersabda,“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah–Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.”(HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

 BACA JUGA : Adang Hadari : Pendidikan Politik Sangat Penting Bagi Kaum Millenial

4.Kebaikan di Dunia-Akhirat

Rasulullah SAW mengungkapkan, “ Sungguh pada malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang Muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan waktu tersebut ada pada setiap malam” (HR Muslim).

 

Editor: Rady
    Bagikan:  


Berita Terkait