Ketua MPR Meminta Pemerintah Merumuskan Bantuan Lain Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 07:39
    Bagikan:  
Ketua MPR Meminta Pemerintah Merumuskan Bantuan Lain Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah merumuskan program bantuan lain bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19. (MPR)

POSKOTAJABAR, JAKARTA.  

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah mengkaji dan merumuskan program bantuan lain bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat saat ini yang masih membutuhkan bantuan dari pemerintah di tengah sulitnya ekonomi. Juga, sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan daya beli masyarakat secara perlahan. 

Pernyataan itu disampaikan Bamsoet, merespon rencana pemerintah yang menyetop penyaluran bantuan langsung tunai/BLT subsidi upah (Bantuan Subsidi Upah/BSU) kepada pekerja bergaji di bawah Rp. 5 juta pada tahun ini.

BACA JUGA:  Walikota Bandung Meminta Seluruh OPD Mengelola Keuangan dengan Transparan dan Akuntabel

"Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan/Kemnaker, memberikan penjelasan terkait distopnya BSU kepada pekerja tersebut, baik dari sistem penganggaran dalam APBN, maupun pengalokasian anggaran yang seharusnya diperuntukkan untuk BSU tersebut," kata Bamsoet, Selasa (02/02/2021).

Selain itu, Bamsoet juga meminta pemerintah mengoptimalkan implementasi program-program bantuan lainnya, salah satunya program Kartu Prakerja, mengingat program-program bantuan tersebut dapat membantu bagi pekerja yang kehilangan pekerjaan atau mengalami pengurangan pendapatan selama pandemi Covid-19.

BACA JUGA:  Presiden Joko Widodo Dipastikan Hadiri Hari Pers Nasional 2021 Secara Virtual

"Meminta pemerintah untuk menyusun program jangka panjang perencanaan pemberian subsidi kepada pekerja, sehingga ke depannya penyaluran bantuan dapat efektif, tepat waktu, dan tepat sasaran," tandasnya. (rizal/win)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait