Ormas Islam Muhammadiyah Kota Cimahi tidak Berpolitik

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 11:14
    Bagikan:  
Ormas Islam Muhammadiyah  Kota Cimahi tidak Berpolitik
Ketua umum Muhammadiyah Kota Cimahi, Mochamad Abu Darin, S.Ag. (foto:ist)

POSKOTAJABAR, CIMAHI.


Ketua umum Muhammadiyah Kota Cimahi, Mochamad Abu Darin, S.Ag menegaskan, Ormas Islam Muhammadiyah, tidak berpolitik. Terkait masalah formatur empat orang calon Ketua DPD PAN Kota Cimahi, itu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Berdasarkan Hasil Musyawarah Daerah (Musda) Partai Amanat Nasional (PAN) yang memutuskan Formatur dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN,  untuk Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kota Cimahi terdiri dari HD Hidayat, Robin Sihombing, Ana Maryana dan Nana Gerhana.

"Politik memang bisa berubah-ubah, hari ini begini, besok lain lagi," ulas Mochamad Abu Darin. saat dikonfirmasi dirumahnya Kompleks Veteran Kota Cimahi terkait atas surat Nomor : 055/III.0/A/2020, yang isinya dukungan dari Ormas Islam Muhammadiyah Kota Cimahi terhadap Robin Sihombing, S.Ip menjadi Ketua DPD Partai PAN Kota Cimahi Periode 2020 - 2025, Rabu (03/02/2021).


Bahkan kata Abu Darin, bahwa politik itu tidak bisa dikatakan hitam putih, karena dalam politik ada PDI-P, ada PKS, dan ada PAN.

Karena kata Abu Darin, politik itu bisa berubah-ubah suatu saat. "Saya sudah lama tidak berpolitik, banyak yang ngajak saya untuk terjun ke politik, saya lebih baik mengurusi rumah tangga dari pada berpolitik,"ucapnya.


Menurut Abu Darin kembali, terkait masalah PAN di Cimahi, itu merupakan keputusan Ketua DPP, sedangkan masalah empat calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kata dia keempat calon tersebut dapat berlomba, mencari pengurus yang bisa mencalonkan diri. 

"Kalau Muhammadiyah ditarik-tarik masalah ini, ini sangat bahaya, kalau masalah surat rekomendasi persyaratan formatur, yang namanya politik, bisa berubah, bisa dikatakan ya, dan bisa dikatakan tidak," papar Abu.


Berdasarkan temuan dari LSM Kompas dengan adanya surat pernyataan Nomor : 055/III.0/A/2020, yang isinya dukungan dari Ormas Islam Muhammadiyah Kota Cimahi terhadap Robin Sihombing, S.Ip menjadi Ketua DPD Partai PAN Kota Cimahi Periode 2020 - 2025.

Namun diduga pula, dari PD Muhammadiyah juga mengeluarkan surat klarifikasi nomor 021/PER/III.0/I/2021 yang isinya bahwa PD Muhammadiyah tidak mengeluarkan surat nomor 055/III.0/A/2020 atas dukungan terhadap Robin Sihombing.

Menurut Koordinator LSM Kompas Fajar Budhi Wibowo, bila dugaan surat tersebut yang dikeluarkan oleh PD Muhammadiyah Kota Cimahi, atas dukungan salah satu calon, sebaiknya dirundingkan antara internal Partai PAN itu sendiri.

"Karena Partai PAN kota Cimahi merupakan partai besar, terkait dalam isi surat palsu atau tidak, itu dapat diklarifikasi secara internal," kata Fajar.

Menurut Fajar Kembali, bila benar surat itu bukan dari PD Muhammadiyah, sungguh sangat disayangkan dan orang yang membuat surat tersebut harus ditindak tegas secara hukum.



Sedangkan menurut anggota DPRD dari Partai PAN Robin Sihombing, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, secara tegas menjelaskan,  surat tersebut, benar-benar asli dari Ketua PD Muhammadiyah.

Bahkan kata Robin kembali,  berdasarkan keputusan musyawarah di Jakarta sudah selesai, dan hasil dari keputusan Musda, "Saya katakan Surat Kami asli, Musda sudah selesai, DPP sudah menyatakan selesai, artinya tidak ada dipersoalkan, kalau misalnya ada kawan yang ingin bermain-main atau menari-nari, ya silakan," terang Robin.

Bahkan Robin secara tegas,  surat yang dikeluarkan PD Muhammadiyah nomor : 055/III.0/A/2020 adalah asli dengan argumentasi . Pertama adalah surat ini sudah dianalisis oleh DPP, yang kedua Ketua PD Muhammadiyah Abu Darin ketemu langsung dengan Ketua Umum dan sudah ketemu dengan Wasekjen.

"Wasekjen sampai capek-capek nelepon ke Pak Abu terkait dengan masalah surat ini, dan mereka menyampaikan clear," paparnya. (Bagdja)



/div>
Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait