Pemerintah Pusat Bakal Salurkan Bantuan Benih kepada Petani Pangandaran

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 13:24
    Bagikan:  
Pemerintah Pusat Bakal Salurkan Bantuan Benih kepada Petani Pangandaran
Petani di Kecamatan Parigi saat panen raya (foto: ist)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN.
Supaya hasil panen padi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat maksimal, maka Pemerintah Pusat akan menyalurkan bantuan benih untuk para petani. Bantuan benih padi tersebut akan disalurkan langsung kepada petani dalam bentuk barang sesuai kuota yang telah diusulkan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Aep Haris menyebutkan,  bantuan tersebut rencananya bakal dialokasikan untuk masa tanam pada bulan Maret dan April 2021 mendatang.

"Jenis padi yang akan diterima petani diantaranya padi inbrida, padi rawa, padi nutrizing dan padi organik," ujarnya kepada wartawan, Selasa, (02/02/2021).

Kata dia, untuk padi inbrida mendapat kuota sebanyak 6.898 hektare, sedangkan bantuan padi rawa sebanyak 131 hektare, padi nutrizing sebanyak 30 hektare dan padi organik sebanyak 50 hektare.

"Padi inbrida yang disalurkan sebanyak 172.450 kilogram benih yang terdiri dari 3 jenis varietas yaitu Inpari 32, Inpari 42, Inpari 43," paparnya.


Untuk padi rawa, sambung Aep, bakal disalurkan kepada petani padi di Kecamatan Padaherang, padi nutrizing disalurkan ke Kecamatan Mangunjaya dan Kecamatan Kalipucang.

"Padi organik bakal didistribusikan ke Kecamatan Parigi dan Kecamatan Padaherang," jelasnya.




Aep mengharapkan, bantuan bentuk padi yang disalurkan oleh Pemerintah kepada petani padi diharapkan bisa mempertahankan angka produktivitas padi di Kabupaten Pangandaran.

"Kondisi saat ini areal pesawahan di Kabupaten Pangandaran sebagian besar mengandalkan air dari hujan karena masih banyak areal pesawahan yang kondisi irigasinya belum memadai," pungkasnya. (dry)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait