Jadi Orang yang Pertama Disuntik, Kepala Puskesmas Langkaplancar Minta Warga Jangan Takut Divaksin

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 14:39
    Bagikan:  
Jadi Orang yang Pertama Disuntik, Kepala Puskesmas Langkaplancar Minta Warga Jangan Takut Divaksin
Kepala Puskesmas Langkaplancar Yana Taryana saat disuntik Vaksin Sinovac kemarin (foto: ist)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN
Sebanyak 83 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Langkaplancar, Kabupaten Pamgandaran, Jawa Barat akan menerima suntikan vaksin sinovac. Penyuntikan Vaksinasi bagi tenaga kesehatan itu akan berlangsung selama tiga hari, hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan kerumuman karena masih masa pandemi.

Kepala Puskesmas menjadi orang yang pertama di suntik Vaksin Sinovac di wilayah Kecamatan Langkaplancar yang kemudian disusul oleh para Nakes lainnya.

Kepala Puskesmas Langkaplancar Yana Taryana mengatakan, vaksinasi tahap pertama diperuntukan untuk para tenaga kesehatan dan sebagai bentuk percontohan atau edukasi kepada masyarakat bahwa vaksin itu aman.

"Saya menjadi orang pertama di Langkaplancar yang mendapatkan suntik Vaksin Sinovac," ujarnya saat dihubungi POSKOTAJABAR, Rabu (03/02/2021).

Kata Yana, setelah disuntik Vaksin pada hari pertama yang serentak dilaksanakan hari kemarin bersama 15 orang Tenaga Kesehatan lainnya, dia tidak merasakan ada gejala apa- apa.

"Pasca disuntik saya hanya merasakan pegal tepat di bekas penyuntikan, namun itu mah biasa," katanya.


Yana memaparkan, sebelum dilakukan vaksinasi yang bersangkutan harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Setelah dinyatakan siap baru dilakukan vaksinasi oleh petugas khusus.

"Jadi, ada dua kali pemeriksaan sebelumnya baru bisa dilaksanakan penyuntikan, pasca disuntik pun harus obserrvasi selama 30 menit setelah itu baru dianjurkan untuk pulang," paparnya.


Dalam kesempatan tersebut, Yana meminta, kepada warga masyarakat agar melakukan vaksinasi dan jangan merasa takut, karena vaksin ini sudah aman dan dinyatakan halal oleh MUI.

"Saya harapkan masyarakat juga mau divaksin jangan merasa was was atau takut, karena vaksin ini aman dan halal, terlebih vaksin Sinovac ini dapat menambah iminutas tubuh dan dapat mencegah masuknya virus kedalam tubuh," harap Yana.

Dia menambahkan, baksinasi untuk Nakes di Puskesmas Langkaplancar disaksikan langsung oleh Camat Langkaplancar, Koramil dan Kapolsek Langkaplancar. (dry)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait