Puluhan Rumah Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Bojongsari Kabupaten Tasikmalaya

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 16:27
    Bagikan:  
Puluhan Rumah Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Bojongsari Kabupaten Tasikmalaya
Puluhan rumah ruksak akibat pergerakan tanah di satu kedusunan. (foto:ist)
POSKOTAJABAR, TASIKMALAYA.
Sebanyak 30 rumah mengalami kerusakan akibat pergerakan tanah yang terjadi di Kampung Munjul RT 03/01 Desa Bojongsari Kecamatan Gunungtanjung Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala Desa Bojongsari Kecamatan Gunungtanjung Ubad badruzaman mengatakan,  pergerakan Tanah terjadi pada hari, Selasa (2/2/2021) malam, di saat sedang hujan deras menguyur kampungnya,.

"Selang beberapa menit tanah di kedusunan kami melakukan pergerakan tanah dan mengakibatkan 30 rumah ruksak hingga mengalami keretakan tanah mencapai tiga meter kebawah," ucapnya.

BACA JUGA : Warga Negara Indonesia Termasuk Dalam Daftar yang Tidak Boleh Masuk ke Arab Saudi


 Menurutnya, ergerakan tanah membawa dampak kerusakan sekitar 9 hektare pesawahan, perkebunan dan  di beberapa rumah penduduk. 

"Akibat pergerakan tanah yang terjadi kemarin menyebabkan Kampung Munjul terbelah dengan panjang 3 meter kebawah," ucapnya.


Sementara, itu Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya,  Nuraedidin, mengatakan langkah antisipasi dari pihak BPBD telah menyampaikan  imbauan dan peringatan agar masyarakat menghindari kawasan berbahaya pergerakan tanah. Adapun Badan Meteorologi, Klimatologi (BMKG) akan melakukan kajian teknis.

"Kalau secara lisan sudah disampaikan usulan kajian secara formal dan hari ini kami sampaikan surat permohonan, sementara kami menghmbau untuk menghindari dari dampak pergerakan yang lebih luas," pungkasnya.(Kris)




Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait