Sosok Syam Permana, Pencipta Lagu Sejumlah Artis Papan Atas Kini Jadi Buruh Serabutan

Gaya Hidup —Rabu, 3 Feb 2021 17:42
    Bagikan:  
Sosok Syam Permana, Pencipta Lagu Sejumlah Artis Papan Atas Kini Jadi Buruh Serabutan
Syamsudin alias Syam Permana, pencipta lagu era tahun 1980an yang lagunya banyak dinyanyikan artis papan atas. (foto:Hendra)

POSKOTAJABAR,SUKABUMI.
Dibalik sebuah lagu tentu saja ada seorang penyair yang menciptakan untaian kata - kata indah itu. Seperti halnya  lagu berjudul Terimakasih yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut papan atas Inul Daratista. Lagu itu ternyata ciptaan dari Syam Permana seorang pencipta lagu  era 1980 - 2000an yang cukup terkenal di kalangan musisi dangdut.

Syam merupakan warga Kampung Babakan Jawa, RT 02/18 Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, dengan lima orang anak.

Selain lagu berjudul Terimakasih, masih banyak lagu lagu lainnya ciptaan Syam yang dinyanyikan oleh artis - artis terkenal seperti,  Bagaimana Bisa, Kau Milik Siapa yang dinyanyikan Indah Sundari, Biarlah Berlalu yang dipopulerkan Mukhsin.

Namun, nasib Syam Permana ternyata tak seindah puluhan lagu yang dia ciptakan. Di usianya yang hampir menginjak 60 tahun, kini ia harus  menjalani kehidupan seadanya dengan profesi sebagai buruh serabutan berpenghasilan tidak lebih dari Rp 50 ribu per hari. Bahkan, tak jarang dia pulang ke rumah dengan keadaan tangan kosong.

Syamsudin, nama asli dari Syam Permana, dia menceritakan bahawa dirinya mulai bergelut di dunia cipta lagu sejak tahun 1980, namun mulai dikomersilkan sejak tahun 1982.

"Pertama ada yang membeli lagu saya itu tahun 1982,"ujar dia kepada POSKOTAJABAR, Rabu (03/02/2021). 

BACA JUGA : Seorang Waria Meninggal Dunia Tertelungkup di Kampung Paseh Kota Tasikmalaya

Lagu pertamanya dibeli oleh Lulu Ervan seorang penyanyi dangdut, kemudian berlajut dibeli oleh salah soerang personel dari kelompok musik Orkes Melayu Tralala pada tahun 1985-an.

"Dulu lagu saya dibeli dari puluhan ribu hingga naik menjadi ratusan ribu,"ucapnya.

Syam mengatakan, dulu dia tinggal di jakarta dengan mengontrak dari satu rumah ke rumah lainnya. Namun, sejak terjadi krisis moneter dirinya kembali ke Sukabumi. Walau pun tidak berada di Ibu Kota dia masih menciptakan lagu untuk beberapa orang artis.

"Terkahir lagu ciptaan saya itu dibeli sama mbak  Inul Daratisna, dan itu hasil kerja sama dengan Youngky RM,”ucapnya.


Hingga akhirnya, lanjut Syam, dia berhenti lama dari dunia seni cipta lagu dan bekerja serabutan. Tak jarang dia bekerja sebagai pengumpul kayu dan dijual ke yang membutuhkan, dan pekerjaan serabutan lainnya.

"Kalau sekarang lagi musim panen, saya bantu istri jadi kuli panen di sawah,"katanya.

Selain uang pembelian lagu, tambah Syam, dirinya tidak pernah menerima uang lebih semacam royalti dari lagu - lagu yang ia ciptakan dan banyak dinyanyikan oleh artis terkenal itu.

"Iya, selama ini belum menerima. Mudah - mudahan dengan adanya bantuan dari berbagai kalangan ada perhatian untuk saya,"pungkasnya. (Hendra)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait