Penghuni 200 Rumah Terdampak Banjir Belum Dievakuasi

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 18:21
    Bagikan:  
Penghuni 200 Rumah Terdampak Banjir Belum Dievakuasi
Personil BPBD Kabupaten Serang sedang melakukan penyedotan air banjir. (Ist.)

POSKOTAJABAR, SERANG. 

Lima kecamatan di Kabupaten Serang terdampak banjir dengan ketinggian antara 20 - 40 Cm. Sekira 200 rumah warga yang terdampak, hingga saat ini penghuninya belum dievakuasi. Namun, sejumlah personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang tetap diterjunkan ke lapangan, meski ketinggian banjir yang terjadi masih relatif aman.

"Kondisi banjirnya masih dalam batas normal, sehingga belum kami lakukan tindakan evakuasi, "kata Koordinator Bidang Crisis Center BPBD Kabupaten Serang, Jhony E. Wangga, Rabu (3/02/2021).

BACA JUGA:  Polrestabes Bandung Bagikan Masker dan Beras Kepada Warga Terdampak Covid-19

Saat ini, ada enam tim yang diturunkan ke lapangan. Sebagian tim melakukan asesmen pendataan rumah warga yang terdampak, sementara tim yang lainnya melakukan penanggulangan bencana, dengan melakukan penyedotan air menggunakan alkon yang dikirim ke titik banjir.

Selain alkon, peralatan yang dipersiapkan di lapangan juga ada perahu karet. Perahu ini, disiagakan di Kecamatan Kibin, untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan permukaan air. Sehingga, ketika dibutuhkan untuk evakuasi, peralatan sudah siap.

Berdasarkan pemantauan BPBD, ada lima Kecamatan yang terdampak banjir di Kabupaten Serang yakni Kecamatan Ciruas dua desa, Kecamatan Kibin satu desa berupa komplek, Kecamatan Kragilan satu desa juga berupa komplek, Kecamatan Tunjung Teja satu desa, dan Kecamatan Kopo satu desa.

BACA JUGA:  Puluhan Rumah Rusak Akibat Pergerakan Tanah di Bojongsari Kabupaten Tasikmalaya

"Di Kecamatan Tunjung Teja  dan Kecamatan Kopo sudah surut tadi siang. Sementara untuk Kecamatan Ciruas dan Kragilan kami masih melakukan asesmen. Sedangkan, untuk Kecamatan Kibin masih proses penanganan," jelasnya. (Luthfi/win)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait