Bareskrim Polri Menangkap Wanita WN Inggris, Istri Jaringan Teroris Asep Ahmad Setiawan

Jawa Barat —Rabu, 3 Feb 2021 21:18
    Bagikan:  
Bareskrim Polri Menangkap Wanita WN Inggris, Istri Jaringan Teroris Asep Ahmad Setiawan
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramdhan. (humas.polri.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Bareskrim Polri menangkap seorang wanita warga negara (WN) Inggris, yang merupakan istri dari jaringan teroris Asep Ahmad Setiawan alias Abu Ahmad. Wanita tersebut diamankan dari rumahnya di Jakarta, pada Selasa (02/02/2021). Istri Asep Ahmad, bernama Tazneen Miriam Sailar tersebut, kini diamankan di rumah Detensi Imigrasi Jakarta untuk dideportasi.

"Terkait ini, kami sampaikan bahwa ini kewenangan dari imigrasi bukan kewenangan dari pihak Polri untuk mendeportasi. Jadi, masih menunggu Kedutaan Besar Inggris untuk memfasilitasi," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramdhan, di Bareskrim Polri, Rabu (3/2/2021).

BACA JUGA:  Sudarno Mantan Penjaga Gawang PSSI Meninggal Dunia

Tazneen ternyata tidak memiliki izin tinggal di Indonesia. Dalam paspor-nya berlaku sampai 18 Januari 2018, sehingga melakukan pelanggaran keimigrasian. Suami Tazneen, Asep Ahmad, diketahui sudah meninggal dunia dalam pertempuran di Suriah, 2014 lalu. Asep yang aktif sebagai anggota di jaringan JI terafiliasi dengan Al-Qaeda.

Kombes Ramadhan menjelaskan, pihaknya tengah mendalami apakah ada kaitan antara Asep Ahmad dan istrinya dengan aliran dana Front Pembela Islam (FPI) yang telah diblokir PPATK.

BACA JUGA:  Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Serang Unjuk Rasa Menuntut Penurunan UKT 50 Persen

"Terkait 92 rekening FPI masih dianalisa Densus 88 satu per satu. Apakah ada keterlibatan pengiriman rekening tersebut dengan istri dari seorang anggota teroris tadi," tandasnya. (Ilham/win)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait