Pemuda Agrapana, hidupkan pendidikan yang mati di daerah kala Pandemi

Gaya Hidup —Kamis, 4 Feb 2021 10:13
    Bagikan:  
Pemuda Agrapana, hidupkan pendidikan yang mati di daerah kala Pandemi
Relawan Social Navigation dari Pemuda Peduli sedang memberikan materi pada kegiatan “Sekolah Gumi” (01/20)

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Di masa pandemic virus seperti saat ini, Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terkena dampaknya. Untuk membantu tetap berjalan dan terwujudnya proses pendidikan ideal, Pemuda Peduli sebagai sebuah NGO (Non Governmental Organization) yang bergerak fokus pada bidang pendidikan dan aktivasi anak muda melalu programnya Social Navigation hadir membantu khususnya dalam sarana dan prasarana penunjang pendidikan.

Pemuda Agrapana, sebutan untuk relawan yang berada di dalam program Social Navigation itu sendiri Nama “Pemuda Agrapana” sendiri, diambil dari bahasa Sansekerta, yang berarti Sumber kehidupan yang utama.


BACA JUGA : Sinopsis Ikatan Cinta Kamis 4 februari 2021, Aldebaran Cemburu Buta, Giliran Andin yang Kejar-kejar Mas Al


“Bisa dibilang, pemuda yang menjadi relawan adalah sumber kehidupan di daerah pelosok. Di tempat mereka mengabdi sebagai relawan dari SocNav yang bertujuan untuk meningkatkan taraf pendidikan di daerah pelosok tersebut” Ungkap Aprilia Susanti, selaku Manager Departemen Social Navigation.

Aprilia Susanti, Manager Departemen Social Navigation saat menjadi pengisi acara Charity (08/18)

April, juga menambahkan dikirimnya Pemuda Agrapana ke desa dengan kondisi 3T (Terdepan, Tertinggal, Terpencil) bertujuan untuk meningkatkan taraf pendidikan di pelosok daerah yang dituju.

“Misalnya dari anak-anak yang masih belum bisa baca tulis jadi bisa baca tulis, orang tua atau keluarga yang masih belum sadar tentang pentingnya pendidikan bagi anak, kita bantu bangun kesadarannya bahwa pendidikan itu penting bagi masa depan anak” Tuturnya di tempat.

BACA JUGA : Bagi-bagi Tanaman Warnai Aksi Cinta Lingkungan di Kabupaten Garut


            Bentuk perwujudan dari gagasan ini, terjadi pada bulan Januari 2020. Dimana Pemuda Agrapana dikirim oleh Yayasan Pemuda Peduli ke daerah Lombok Utara. Tepatnya, berada di Dusun Semokan Ruak, Desa Baturakit, Kecamatan Bayan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat sekitar selama 6 bulan hingga bulan Juni 2020.

            “Sekolah Gumi”, menjadi program yang diadakan di desa tersebut. “Sekolah Gumi” sendiri merupakan sekolah alam sebagai bentuk bantuan aktivasi dari Pemuda Pemuda akan pendidikan yang mati akibat pandemi di Desa Baturakit.

            Adapun beberapa Program yang dilaksanakan di sana diantaranya, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pembuatan Jamu dan Handsanitizer Alami dan Pendidikan Literasi juga Pembuatan Pojok Baca guna membantu terjaganya pengetahuan yang sulit didapatkan kala pandemi.

BACA JUGA : Youtuber Maell Lee Bukan Kaleng-kaleng, Gugat Cerai Istrinya


            Berdasarkan pernyataan Aprilia, Adanya Sekolah Gumi karena pandemic virus yang terjadi, dimana Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah menjadi terhambat atau bahkan terhenti.

            “Jadi ketika sekolah ditutup, kita muter otak gimana caranya untuk tetap mengadakan Kegiatan Belajar Mengajar  ditambah lagi keterbatasan fasilitas di daerah pelosok tapi mereka harus tetap bisa belajar dan mendapat ilmu baru, akhirnya lahir lah Sekolah di luar ruangan (di alam terbuka), kita namain Sekolah Gumi” Jelas wanita yang kerap disapa April tersebut.

            Ia juga berharap dengan adanya Sekolah Gumi yang beberapa waktu lalu sukses digarap oleh Pemuda Agrapana dapat membantu terlaksananya pendidikan yang layak untuk masyarakat di daerah 3T

            “Dengan keadaan pandemic yang terjadi, semua kegiatan belajar mengajar yang asalnya tatap muka berubah menjadi daring. Dan ini secara ngga langsung berdampak ke daerah tertinggal dimana daerah itu sendiri pasti mengalami kesulitan dengan adanya PJJ yang dilaksanakan. Maka dari itu, dengan adanya Tim Socnav ini, kita sama-sama membuat program yang dapat membantu meningkatkan taraf pendidikan yang ada di pelosok” Pungkas April.

BACA JUGA : Ramalan Zodiak Besok Jumat 5 Februari 2021, Taurus Perbaiki Komunikasi, Leo Menerima Apa Adanya

Editor: Rani R
    Bagikan:  


Berita Terkait