8 Makanan Sehat Pemicu Kerusakan Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan

Kesehatan —Kamis, 4 Feb 2021 10:22
    Bagikan:  
8 Makanan Sehat Pemicu Kerusakan Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan
ilustrasi - foto kLIKDOKTER


POSKOTAJABAR, BANDUNG


Menjaga kesehatan Tubuh sangat penting, tubuh kita terdiri dari organ-organ dalam seperti jantung, Paru-paru, Ginjal dan lain-lain yang memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh kita. Salah satunya adalah Ginjal.


Ginjal merupakan organ ekskresi yang berfungsi mengeluarkan sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Fungsi Ginjal dalam tubuhnya untuk mengeluarkan dan mengeluarkan zat-zat racun dan pengeluaran tubuh dari tubuh bersama paru-paru, kulit dan hati.


Mengingat pentingnya fungsi ginjal untuk tubuh kita, kita harus sangat menjaga kesehatan Ginjal salah satunya dengan tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang dikonsumsi berlebihan bisa berakibat buruk untuk ginjal kita.


Berikut ini makanan yang dapat merusak Ginjal jika dikonsumi berlebihan:


 Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 4 februari 2021, Gemini Ingin Menyendiri, Virgo Lepaskan Stres


  1. Alpukat

Alpukat memiliki  kandungan yang cukup tinggi., kalium memang zat yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi jika berlebihan bisa mengganggu kinerja ginjal karena ginjal tidak bisa memprosesnya. Hal ini lah yang menyebabkan Alpukat tidak baik untuk ginjal jika di konsumsi secara berlebihan.


 Hasil gambar untuk ALPUKAT

foto : Halodokter


Meski alpukat memiliki banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, namun terlalu banyak kalium dalam aliran darah dapat berujung pada kram otot hingga detak jantung yang tak beraturan.

 

  1. Roti Gandum

 Hasil gambar untuk roti gandum

foto : Alodokter

Untuk keadaan tertentu roti gandum sangat lah baik kita konsumsi, namun jika berlebhan ini juga akan memperngaruhi kinerja ginjal menjadi buruk, karena Gandum memiliki Kalium dan Fosfor yang tinggi sehingga memaksa ginjal untuk bekerja lebih keras. Hal ini dapat memicu kerusakan pada Ginjal.

 

  1. Pisang

 Hasil gambar untuk pisang

foto : Klikdokter

Bukan hanya Pisang Alpukat juga merupakan buah yang kelebihan Kalium, Kandungan kalium pada pisang yang tinggi akan membuat ginjal bekerja lebih berat. Orang dewasa dianjurkan mendapat asupan kalium sekitar 3.500 - 4.700mg setiap harinya. Pisang mengandung kalium sebanyak 537 mg dimana ini adalah jumlah yang sangat tinggi.

 

  1. Garam

Terlalu banyak mengkonsumsi Ginjal juga bisa membuat Ginjal bekerja berat karena harus mengeluarkan Natrium lebih banyak. Rata-rata Ginjal mengkonsumsi 2.300 Msg atau satu sendok the garam jika berlebih maka akan menganggu keinerja ginjal dan bisa saja menyebabkan kerusakan.


 Hasil gambar untuk garam


BACA JUGA : Sinopsis Ikatan Cinta Kamis 4 februari 2021, Aldebaran Cemburu Buta, Giliran Andin yang Kejar-kejar Mas Al


  1. Olahan Susu

 

Olahan susu seperti Keju, Yougurt dan lain-lainya dapat mempengaruhi kerusakan pada ginjal jika dikonsumsi berlebihan.


 Hasil gambar olahan susu

Halodok

Mengkonsumsi produk olahan susu secara berlebihan bisa meningkatkan kandungan fosfor dalam tubuh, dimana hal ini akan mengakibatkan kinerja ginjal yang berat.

 

  1. Daging

 Hasil gambar untuk daging

foto : Klikdokter

 Mengonsumsi daging dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menimbulkan masalah pada ginjal. Hal ini lantaran protein hewani sulit untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan beban berat pada ginjal. Tak hanya itu, pola makan tinggi protein hewani secara rutin dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

 

  1. Jeruk

 Hasil gambar untuk jeruk

Tingginya kandungan kalium tersebut membuat ginjal cenderung berfungsi secara lebih keras. Saat tubuh memiliki kandungan kalium yang terlalu banyak serta ginjal yang tak dapat mencampakkan kelebihannya, maka hal ini jelas dapat mengancam kesehatan tubuh.

  

  1. Gula

 

gula juga merupakan salah satu sumber makanan penyebab gagal ginjal. Bukan hanya diabetes, berbagai makanan yang mengandung banyak gula juga dapat digunakan kesehatan dari fungsi ginjal

 Hasil gambar untuk gula


Itulah makanan yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, sesuatu yang baik jika dikonsumsi berlebihan memang tidak akan begitu juga makanan.-RES


BACA JUGA: Zodiak Ramalan Besok Jumat 5 Februari 2021, Taurus Perbaiki Komunikasi, Leo Menerima Apa Adanya 


MUSIM PANAS BERBAGAI

 






 

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait