Kaban Kesbangpol , Kabupaten Pangandaran Perlu Kantor Perwakilan Imigrasi

Jawa Barat —Kamis, 4 Feb 2021 12:04
    Bagikan:  
Kaban Kesbangpol ,  Kabupaten Pangandaran Perlu Kantor Perwakilan Imigrasi
Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pangandaran Dedih Rahmat (foto: ist)

POSKOTAJABAR,PANGANDARAN 
Saat ini Kantor Imigrasi untuk Kabupaten Pangandaran masih masuk ke Tasikmalaya. Padahal sebagai daerah kawasan wisata Kabupaten Pangandaran sangat memerlukan perwakilan Kantor Imigrasi. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kaban-Kesbangpol) Kabupaten Pangandaran Dedih Rahmat.

Dedih menyampaikan, perlunya kantor imigrasi di Kabupaten Pangandaran agar pengurusan administrasi WNA bisa terjangkau dan mempermudah dalam pelayanan.

"Warga Negara Asing (WNA) yang tercatat di Kabupaten Pangandaran saat ini sebanyak 140 orang. WNA tersebut dari berbagai negara diantaranya Belanda, Australia, Kanada dan Jerman," ujarnya, Kamis (04/02/2021).

Kata dia, untuk pengawasan terhadap orang asing saat ini dilakukan oleh Tim Pengawas Orang Asing (Timpora) yang dibentuk Imigrasi.

"Fungsi pengawasan dilakukan oleh Timpora, Kesbangpol hanya bagian dari Timpora itupun dilakukan secara normatif karena khawatir akan mengganggu kenyamanan WNA," katanya.

BACA JUGA : Warga Negara Indonesia Termasuk Dalam Daftar yang Tidak Boleh Masuk ke Arab Saudi


 Menurut dia, jika ada kasus yang berkaitan dengan WNA, maka Kesbangpol hanya koordinasi saja dengan pihak Imigrasi.

"Perkembang sektor pariwisata di Pangandaran dan adanya rencana pengembangan Bandara Nusawiru dinilai perlu Kantor Imigrasi," ungkap Dedih.

Dia berharap, walapun tanpa Kantor Imigrasi minimal ada beberapa petugas Imigrasi yang mewakili dan bertugas di Pangandaran.

"Kalau petugas imigrasi yang bertugas di Pangandaran kan bisa lebih mudah apabila ada temuan kasus yang berkaitan dengan WNA," pungkasnya. (dry)



Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait