Wartawan Harus Patuhi Kode Etik Jurnalistik dan Sembilan Elemen Jurnalistik

Jawa Barat —Kamis, 4 Feb 2021 14:42
    Bagikan:  
Wartawan Harus Patuhi Kode Etik Jurnalistik dan Sembilan Elemen Jurnalistik
Ketua PWI Cabang Jawa Barat H. Hilman Hidayat (kelima dari kiri) berfoto bersama Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat dan Ketua PWI Indramayu Dedy Musashi di Pendopo Kabupaten Indramayu. (foto: Taryan

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Ketua PWI Provinsi  Jawa Barat H. Hilman Hidayat berpesan, wartawan dalam melaksanakan aktifitas jurnalistiknya selain wajib mematuhi Kode Etik Jurnalistik  juga harus mematuhi 9 Elemen Jurnalistik.

 “Kalau Anda berkegiatan di jurnalistik selain wajib mematuhi Kode Etik Jurnalistik juga harus mematuhi 9 Elemen Jurnalistik di antaranya, jangan membikin berita bohong, jangan membikin berita fitnah atau berita buruk.  Anda harus independen, harus cek dan ricek. Anda harus mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan perusahaan,” ujarnya.

Hilman Hidayat mengemukakan hal itu ketika melantik pengurus PWI Indramayu periode 2020-2023 di Pendopo Pemerintah Kabupaten Indramayu, Kamis (04/02/2021).

Acara yang menerapkan protokol kesehatan itu dihadiri Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Indramayu, Ketua DPRD Indramayu H. Syaefudin, Kepala Diskominfo Indramayu Aan Hendrayana dan pejabat lainnya.

 Ketua PWI Cabang Jawa Barat H. Hilman Hidayat dalam sambutannya menyampaikan pesan ringkas,  PWI merupakan kumpulan profesi wartawan yang melaksanakan kegiatan  jurnalistik. Kalau wartawan  tidak memegang Kode Etik Jurnalistik dan 9 Elemen Jurnalistik itu berarti  sama dengan youtuber. Harus bisa membedakan antara produk mereka dengan produk jurnalistik.

“Kita sering ngobrol dengan teman-teman bahwa apa yang disampaikan  di media sosial itu  masih ada yang diragukan kebenarannya. Ini bukan kata saya,  tapi kata Presiden Jokowi,” ujarnya.

 Tugas wartawan   memverifikasi informasi yang benar. Agar masyarakat pembaca tidak stress. “Dalam melaksanakan pekerjaan jurnalistik Anda juga harus  mengacu kepada bagaimana ikut menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena  itu penting,” katanya.

Ia mengajak kepada wartawan agar  kembali lagi ke basic,   siapa Anda. Makanya harus bisa membedakan antara produk jurnalistik dengan media sosial.

Hilman Hidayat memaparkan, iklim pers  dewasa ini sedikit tidak nyaman, meskipun  memiliki kebebasan pers.  Apalagi dengan adanya revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana, Undang-undang Perlindungan Anak, Undang-undang Pemberitaan Ramah Anak.  Wartawan harus lebih berhati-hati menulis berita atau membuat karya jurnalistik.

BACA JUGA : Gara-gara makan Oncom, Satu Keluarga di Sayang Cianjur Keracunan, Dua Orang Meninggal Dunia


Sekretaris  PWI Cabang Jawa Barat, H. Wawan  Ruswana membacakan keputusan Ketua Umum PWI Pusat  yang ditanda tangani Atal S Depari tentang susunan pengurus PWI Indramayu periode 2020-2023.

 Ketua Dedy Musashi, Wakil Ketua I Iing, Wakil Ketua II Udi Iswahyudi, Wakil Ketua III Warji, Wakil Ketua IV H. Agus Yulianto. Sekretaris Cipyadi, Bendahara Tardianto. Seksi seksi, Seksi Organisasi Pradesta Bagus dan Opi, Seksi Advokasi Yonif dan Nano Budiyono, Seksi Kesejahteraan Lilis Handayani dan H. Wawan, Seksi Umum Agus Suwarto dan Komarudin.


BACA JUGA : Sempat Diwarnai Suara Tembakan, Polres Sukabumi Kota Amankan Enam Pelaku Pembobol ATM


 Ketua PWI Indramayu Dedy Musashi mengemukakan, PWI Kabupaten Indramayu memiliki program unggulan terutama pada masa pandemi Covid-19  seperti yang sudah berjalan memberikan alat perlindungan diri dalam melaksanakan tugasnya. Dedy minta Plt. Bupati Indramayu agar mendahulukan pemberian vaksin kepada wartawan pada Tahap ke-2. Hal itu karena tugas wartawan rentan terpapar virus Corona. 

Pada kesempatan itu, Dedy Musashi launching sejumlah kegiatan berkaitan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021,  di antaranya bakti sosial, donor darah dan zoom meeting tanggal 9 Februari 2021.

 Program unggulan PWI Indramayu lainnya yaitu peningkatan kemampuan anggota dan calon anggota melalui Uji Kompetensi  Wartawan (UKW) dan program Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK)  bagi calon anggota PWI Indramayu. Pada malam puncaknya  HUT PWI  akan memberikan  anugerah kepada tokoh-tokoh inspiratif,  terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. (Taryani)


BACA JUGA : Gara-gara Korsleting Listrik, Gudang Bensin dan Gudang Gula Merah di Cibeber Kabupaten Cianjur Hangus Terbakar


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait