8 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Pendidikan —Jumat, 5 Feb 2021 12:57
    Bagikan:  
8 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert
Ilustrasi kerja. (foto:rony)



POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Tidak semua orang di dunia ini mempunyai sifat ekstrovert, beberapa diantaranya mempunyai sifat introvert. Menjadi sukses tidak melulu harus punya kepribadian yang ramah dan senang bergaul alias terbuka.

Orang introvert juga memiliki beberapa kualitas diri yang bisa diunggulkan dan dikembangkan. Juga tidak selalu kelemahan yang dianggap stigma dari para introvert seperti pemalu, pendiam, atau penyendiri itu menghambat mereka untuk meraih sukses.

 

BACA JUGA : Dalang Anom Subekti dan Keluarga Ditemukan Meninggal Dunia, Diduga Dibunuh

 

Orang introvert cenderung lebih mandiri, tidak neko-neko, dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Introvert menginginkan pekerjaan yang bermakna, bukan semata hanya gaji. Karena mereka mengambil kepuasan dari pekerjaan itu sendiri.

Apabila kamu cenderung memiliki kepribadian tersebut, berikut POSKOTAJABAR rangkum 8 pilihan jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert.

 

 

 

  1. Penulis dan Editor

Penulis maupun editor sama-sama bekerja sendiri dalam menyelesaikan pekerjaan yang di dapat, mulai dari melakukan riset atau menggali informasi, menulis, hingga mengedit.

Kedua dari profesi ini memungkinkan mengatur jadwal bekerjanya sendiri--selama bisa memenuhi deadline dan dapat bekerja dari mana saja.

Orang-orang yang gemar menulis, kreatif, detail-oriented, dan mampu bekerja dengan minim pengawasan dapat berkembang baik di bidang ini.

 

  1. Akuntan

Dilansir dari indeed.com, karier ini sesuai dengan jenis kepribadian introvert karena lebih mengandalkan keterampilan dalam organisasi serta pengolahan data dan angka tanpa terlalu banyak melakukan kolaborasi dan interaksi dengan banyak orang. Cocok buat kamu yang tidak terlalu suka berinteraksi dengan orang

 

  1. Interior designer

Profesi interior designer ini cocok bagi orang yang kreatif dengan mempunyai visi besar. Interior designer berfokus mengedepankan estetika ruangan atau bangunan dan memungkinkan Anda bekerja dengan individu atau tim yang tidak terlalu besar.

 

  1. Peneliti

Menjadi seorang peneliti ilmiah membutuhkan perencanaan metodologis dan analisis mendalam, serta berjam-jam berkutat dalam laboratorium atau di universitas.

Bidang ini cocok untuk mereka yang suka bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil ketimbang menjadi bagian dari tim besar yang sibuk dan ramai.

 

BACA JUGA : Pemikul Jenazah Covid-19 TPU Cikadut Kota Bandung, Inilah Besarannya!

 

 

  1. Fotografer

Salah satu keterampilan unggul dari seorang yang mempunyai sifat introvert adalah kreativitas, dan bidang fotografi memungkinkan mereka untuk mengekspresikan jiwa artistiknya dalam berbagai cara yang dipunyai.

 

  1. Pustakawan

Menjadi pustakawan tidak hanya bertanggung jawab menyimpan dan menyortir buku, tetapi juga membantu menyelenggarakan acara di perpustakaan, serta membantu orang menemukan bahan bacaan dan referensi.

Bagi para social introvert atau introvert yang masih senang berinteraksi, karier ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjembatani kedua kepribadian.

 

  1. Programmer

Sebagian besar pekerjaan yang dilakukan programmer meliputi pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Bagi seorang introvert, ini menjadi jenis pekerjaan yang sesuai dan menarik.

Meskipun kadangkala programmer bisa bekerja dalam tim, namun sebagian ujung-ujungnya mereka akan menyelesaikan proyek secara mandiri.

 

  1. Penerjemah

Penerjemah bertugas mengonversi tulisan dari satu bahasa ke bahasa lain. Mereka membutuhkan perhatian ekstra dan sensitivitas berbahasa, sehingga cocok menjadi pilihan bagi para introvert.

Selain itu, penerjemah bekerja secara individu dalam keseluruhan proses translasi. Banyak para penerjemah merasa menemukan jati diri dan memuaskan mereka ketika bekerja.

 

Itulah beberapa jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert, jadi untuk kamu yang introvert tetap semangat dalam meraih sukses yah. (dwa)

Editor: Dikki
    Bagikan:  


Berita Terkait