Kasus Habib Riziq Shihab Segera Dilimpahkan Penyidik Polri ke Kejaksaan Agung, Dinyatakan P21

Jawa Barat —Jumat, 5 Feb 2021 18:42
    Bagikan:  
Kasus Habib Riziq Shihab Segera Dilimpahkan Penyidik Polri ke Kejaksaan Agung, Dinyatakan P21
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono, kasus HRS segera dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. (Humas.polri.go.id)

POSKOTAJABAR, JAKARTA. 

Kasus Habib Rizieq Shihab (HRS) terkait kasus penghasutan dan kekarantinaan di Petamburan, Jakarta Pusat segera dilimpahkan penyidik Bareskrim Polri ke Kejaksaan Agung, Selasa (09/01/2021). Berkas perkara kasus HRS ini dinyatakan lengkap atau P21 oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung (Kejagung). Sehingga, HRS dan barang bukti juga akan dilimpahkan ke Kejaksaan Agung.

"Untuk kasus HRS Petamburan, berkas perkara yang bersangkutan sudah P21, dinyatakan lengkap oleh kejaksaan. Jadi, kasus Petamburan untuk berkas perkaranya telah dianggap lengkap dan akan diserahkan tanggung jawab tersangka dan barang buktinya pada minggu depan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Jumat (05/02/2021).

BACA JUGA:  Mantan Suami Cut Keke dan Dina Lorenza Terancam Dipenjara 20 Tahun, dengan Pasal Berlapis

Sebelumnya, tiga berkas perkara tersangka HRS dikembalikan Kejaksaan Agung lantaran tidak lengkap. Kejagung meminta penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri untuk melengkapi 3 berkas tersebut.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Andi Rian Djajadi, mengatakan, berkas perkara tahap I Habib Rizieq yang sudah dikirim, dikembalikan oleh jaksa penuntut umum (JPU) karena nilai kurang lengkap.

Tiga kasus yang menjerat Rizieq terdiri dari, kasus penghasutan dan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat dengan tersangka 6 orang yaitu Habib Rizieq, Haris Ubaidillah, Ali bin Alwi Alatas, Maman Suryadi, Sobri Lubis, dan Habib Idrus.

BACA JUGA:  Polisi Berhasil Meringkus Pembunuh Tukang Kelapa, Motifnya Cinta Segitiga

Kemudian, kasus kerumunan di Megamendung, Bogor hanya menetapkan tersangka Habib Rizieq. Selanjutnya, kasus tes swab di RS UMMI Bogor, dengan 3 tersangka yaitu Habib Rizieq, menantunya Muhammad Hanif Alatas, dan Dirut RS Ummi Andi Tatat.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan, ketiga kasus itu sudah ditarik penyidikannya ke Dittipidum Bareskrim Polri. (ilham/tha)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait